Ayah Juga Ikut Stres Saat Ibu Hamil dan Melahirkan

Ilustrasi kehamilan.
Sumber :
  • Pixabay/ ekseaborn0

VIVA.co.id – Ternyata, bukan hanya wanita yang satu-satunya merasa depresi, saat menyambut kelahiran bayinya. Karena sebuah penelitian dari Selandia Baru mengungkapkan, beberapa pria juga ikut mengalami depresi selama dan setelah kehamilan pasangannya.

Viral Curhat Wanita Soal Janinnya yang Tiba-Tiba Hilang, Kok Bisa?

"Saya rasa, penting bagi pasangan untuk menyadari bahwa mereka berdua bisa merasa depresi dan mereka harus mencari pertolongan dan dukungan," kata peneliti utama Lisa Underwood yang berafiliasi dengan University of Auckland, seperti dikutip Reuters.

Underwood bersama beberapa rekannya menulis dalam JAMA Psychiatry bahwa sembilan persen pria merasa depersi pada titik tertentu dalam kehidupan mereka. Sekitar tiga persen, melaporkan ada masa depresi di tahun sebelumnya.

Anak Pertama Masih Belum Setahun, Penyanyi Ratu Meta Umumkan Hamil Anak Ketiga

Para peneliti menemukan, kehamilan dan kelahiran juga bisa meningkatkan risiko pria mengalami depresi, meskipun penelitian biasanya fokus pada wanita yang berisiko tinggi mengalami depresi selama kehamilan dan setelah melahirkan.

Penelitian itu juga menuliskan, dalam penelitian terdahulu, juga mengaitkan antara depresi ayah dengan masalah emosi dan perilaku pada anak-anak.

Denny Sumargo Makan Otak Kelinci Biar Spermanya Bagus, Alhamdulillah Istrinya Hamil!

Gejala depresi pada pria selama pasangannya melalui proses kehamilan dikaitkan dengan stres yang mereka alami, atau dalam kondisi kesehatan yang kurang baik. Setelah bayi lahir, gejala tersebut cenderung lebih banyak muncul pada pria yang mengalami stres selama kehamilan, atau tidak lagi memiliki hubungan dengan ibu dari anaknya, pria yang menilai kesehatannya sedang, atau buruk, dan pria yang tidak bekerja, atau memiliki riwayat depresi. (asp)

Marcello Tahitoe

Ello Berbagi Kabar Gembira, Sang Istri Hamil Anak Kedua

Ello atau yang bernama asli Marcello Tahitoe baru-baru ini telah berbagi kabar gembira kepada publik. Sang istri, Cindy Maria Tahitoe, tengah mengandung anak kedua mereka

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024