Studi: Tahun 2030, Usia Harapan Hidup Naik Jadi 90 Tahun

Ilustrasi Lansia
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Menurut sebuah penelitian internasional berskala besar, rata-rata usia harapan hidup manusia di banyak negara di dunia tahun 2030, akan mencapai usia 90 tahun. Para pembuat kebijakan pun didorong untuk mempersiapkan rencana menghadapi hal itu.

1.000 Tahun Lagi Wujud Manusia Akan Kaya Gini

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa penduduk Korea Selatan kemungkinan besar akan memiliki usia harapan hidup tertinggi di dunia tahun 2030, sementara Amerika Serikat merupakan salah satu negara dengan usia harapan hidup terendah di antara negara berkembang lainnya.

"Fakta bahwa kita akan terus hidup lebih lama berarti kita harus memikirkan bagaimana memperkuat sistem kesehatan dan layanan sosial untuk mendukung populasi yang bertambah tua dengan kebutuhan kesehatan yang berkali lipat," kata Majid Ezzati, peneliti utama dan profesor di Imperial College London's school of public health seperti dilansir Reuters.

Anak 8 Tahun Tewas Akibat Penembakan di Mal Alabama AS

Penelitian yang juga bekerja sama dengan World Health Organization tersebut juga menemukan bahwa di antara negara dengan penghasilan tinggi, Amerika Serikat kemungkinan akan memiliki usia harapan hidup terendah di tahun 2030, di mana pria dan wanita memiliki harapan hidup hingga 79,5 dan 83,3 tahun.

Begitu juga dengan negara berpenghasilan sedang seperti Kroasia dan Meksiko.

Amerika Serikat Sita 13 Ton Rambut Impor dari Xinjiang

Hal ini, penelitian tersebut mengungkap, sebagian dikarenakan kurangnya layanan kesehatan universal di Amerika Serikat, dan juga karena faktor lain seperti tingkat kematian ibu dan anak yang relatif tinggi, dan tingginya angka bunuh diri serta obesitas.

Di Eropa, wanita Perancis dan pria Swiss diperkirakan akan memiliki usia harapan hidup yang tertinggi, rata-rata mencapai 88,6 tahun untuk wanita Perancis dan hampir 84 tahun untuk pria Swiss.

Sedangkan Korea Selatan muncul sebagai negara teratas dalam prediksi tersebut, para peneliti memprediksi, seorang gadis yang lahir di Korea Selatan di tahun 2030 akan hidup hingga usia 90,8 tahun, sementara laki-laki akan mencapai usia 84,1 tahun.

"Banyak orang percaya bahwa 90 tahun adalah batas usia tertua bagi seseorang, tapi dalam penelitian ini kami menemukan bahwa manusia akan melebihi batasan usia 90 tahun," kata Ezzati.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal medis The Lancet tersebut meneliti 35 negara berkembang dan baru terbangun, termasuk Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Jerman, Australia, Polandia, Mesksiko, dan Republik Ceko.

Usia harapan hidup penduduk Korea Selatan yang lebih tinggi, para peneliti mengatakan, dikarenakan beberapa faktor meliputi nutrisi anak yang baik, tekanan darah rendah, tingkat perokok yang rendah, akses layanan kesehatan yang baik, serta pengetahuan medis dan teknologi yang baru. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya