Multilingual Sebabkan Balita Terlambat Bicara, Benarkah?

Mengajarkan anak berbicara
Sumber :
  • http://sydney.edu.au

VIVA.co.id – Kemampuan bahasa merupakan aset berharga bagi anak karena menjadi salah satu indikator yang menentukan perkembangan kognitifnya. Namun, seringkali muncul kekhawatiran pada orangtua ketika mengenalkan bahasa asing pada anak.

Heboh Uang Jajan Anak Artis, Arie Untung dan Fenita Arie Terapkan Kesederhanaan

Mengajarkan bahasa asing pada anak sejak dini dinilai dapat menyebabkan kebingungan bahasa yang berujung pada masalah lainnya seperti keterlambatan bicara hingga bersosialisasi.

Padahal, menurut psikolog anak dan keluarga Roslina Verauli, anggapan tersebut adalah mitos belaka.

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

"Berdasarkan penelitian perkembangan bahasa, bayi yang dipaparkan lebih dari dua bahasa tidak akan mengalami keterlambatan bicara," kata psikolog yang akrab disapa Vera dalam talkshow 'Multilingual Sejak Dini, Kenapa Tidak?' di EF Center FX Sudirman, Jakarta, Kamis 22 Februari 2017.

Vera melanjutkan, setiap manusia sejak bayi telah memiliki program di otak yang disebut dengan Language Acquisition Device (LAD). Hal inilah yang memungkinkan bayi dapat melakukan analisa dan memahami aturan dasar dari bahasa yang mereka dengar hingga akhirnya mereka bisa berbahasa dengan baik.

Bingung Pilih Sekolah untuk Anak? Ini 5 Tipsnya

Namun, orangtua juga perlu mengetahui ketika ingin memaparkan anak dengan bahasa asing dibutuhkan waktu dan cara yang tepat, sesuai dengan tahap perkembangan dan kondisi masing-masing anak.

"Orangtua perlu memperhatikan tujuan utama dari mengenalkan bahasa asing tersebut dan mempraktikkannya secara konsisten sehingga anak dan orangtua dapat sama-sama memperoleh manfaatnya," saran Vera. (ren)

Sumber : Pixabay.com

Merdeka Belajar dan Keterbaikan Masa Depan Bangsa

Pendidikan merupakan aspek inti yang kemudian juga menopang aspek lain dalam kehidupan seperti aspek sosial, ekonomi, politik, sampai agama,

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2024