Buat Pizza Sendiri di Rumah, Siapa Takut?

Salah satu menu hidangan di Pizza e Birra.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rintan Puspitasari

VIVA.co.id – Kalau biasanya Anda hanya bisa menikmati pizza di restoran, tidak ada salahnya untuk mengetahui cara membuat pizza sendiri di rumah.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Chef Dwi dari Pizza e Birra membagikan informasi dan tips agar tak gagal saat membuat pizza. Bahan yang perlu disiapkan antara lain 1 kilogram tepung terigu, 10 gram garam, 5 gram ragi, 30 mililiter minyak dan 500-600 mililiter air.

"Kalau pakai air biasa pengembangan cepat. Kalau ada, (pakai) air es untuk menahan biar tidak cepat mengembang. Air panas tidak boleh digunakan, dan air hangat tidak dianjurkan, karena cepat mengembang," kata Dwi kepada VIVA.co.id saat ditemui beberapa waktu lalu.

Restoran Pizza Autentik Italia Peraih 'Top 50 Pizza' Kini Hadir di Jakarta

Seluruh bahan tadi lalu diaduk selama 10 menit menggunakan tangan. Lalu tutup adonan dengan lap atau kain basah bersih.

"Diamkan selama 10 menit, potong menjadi beberapa gram, 100-200 gram. Buat bulatan, dan letakkan di suhu ruang, 25-30 derajat (Celsius), tunggu selama satu jam. Simpan dalam chiller, satu jam kemudian bisa dibuat. Agar adonan bagus, simpan dalam chiller semalaman,” ujarnya menjelaskan.

Gak Perlu ke Luar Negeri, Nongkrong ala Restoran Mewah New York Ada di Jakarta

Membuat pizza

Setelah itu, pipihkan adonan dengan 10 jari, pijat bagian tepinya dengan dua atau tiga jari, terus dilebarkan. Buat agar bentuknya bundar, kemudian letakkan di loyang bulat.

Oleskan saus di bagian adonan, taburkan keju sampai ke bagian tepi agar tidak gosong, taburkan topping sesuai selera, lalu panggang dengan suhu 300 derajat Celsius selama 7-15 menit tergantung pada ukuran pizza.

Karena dasar pizza adalah sausnya, maka cita rasa saus menjadi kunci kelezatan pizza.

"Kalau kurang, enggak enak. Lebih juga enggak enak. Kalau saya empat ladle (sekitar 240 mililiter) adalah ukuran yang pas," ucap Dwi.

Ia lalu mengatakan, bahwa ketika topping sudah ditaburkan, maka pizza harus segera dipanggang.

"Kalau lebih dari lima menit saat menuang saus, adonan akan nempel dan sobek. Sobek saat buat lebar adonan bisa ditambal, tapi pas sudah kena saus, susah,” katanya.

Membuat pizza

Dwi pun tak lupa berbagi resep saus tomat yang pas digunakan untuk membuat pizza.

"Tomat segar 2  kilogram, pasta tomat 100 gram, oregano, garam 20 gram, parmesan 50 gram, minyak zaitun 20-30 mililiter,” ujarnya.

Nah, jika Anda sisa pizza yang belu dimakan, Anda bisa menyimpannya di dalam lemari es. Panaskan di dalam oven jika ingin dimakan. Hindari memanaskan pizza menggunakan microwave karena buat rotinya akan menjadi alot.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya