Mengenal Kuliner Khas Puerto Rico

Mofongo, kuliner khas Puerto Rico dari pisang hijau.
Sumber :
  • Instagram

VIVA.co.id – Kuliner Puerto Rico terbilang belum setenar kuliner Jepang, China, Korea atau Italia. Itulah sebabnya masih banyak orang yang belum mengetahui kuliner khas negara satu ini.

9 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara, Bikin Ngiler dan Penasaran!

Perlu diketahui bahwa masyarakat Puerti Rico sangat gemar menyantap pisang, sehingga buah ini sering diolah menjadi beragam jenis hidangan, mulai dari manis hingga gurih.

Untuk mengetahui apa saja hidangan nasional negara tersebut, berikut ini adalah sejumlah kuliner khas Puerto Rico, seperti dilansir dari Buzz Feed.

Ustaz Khalid Basalamah Sarankan Tak Pelihara Kucing di Rumah, Lebih Baik Pelihara Ayam

Mofongo

Ini merupakan pisang hijau yang digoreng dan dihaluskan, lalu ditumis bersama bawang bombai, bawang putih, minyak zaitun dan daging atau boga bahari.

Kemenko Perekonomian Ungkap Besarnya Gap Pasokan Pangan: 50 Persen Terpusat di Pulau Jawa

Pastelon

Masyarakat Puerto Rico memang sanga gemar menyantap buah pisang. Pastelon merupakan pisang manis yang dihaluskan dan disusun lapis demi lapis, diselingi dengan daging sapi cincang, seperti lasagna. Setelah dipanggang, hidangan ini baru bisa disantap.

Alcapurrias

Gorengan satu ini dibuat dari kombinasi ubi dan pisang hijau yang diparut, lalu diberi isian daging cincang atau ikan. Alcapurrias biasa dijual di pinggir jalan di seluruh penjuru Puerto Rico.

Chicharrones de pollo

Nah, hidangan ini merupakan ayam goreng tepung versi Puerto Rico. Rasanya gurih dan teksturnya renyah di luar, namun lembut di dalam.

Sancocho

Sekilas Anda akan menyangka sanchoco sebagai sayur asam, namun ini adalah sup daging sapi yang ditambah ubi, kentang, jagung dan pisang.

Rellenos de Papa

Pada dasarnya ini adalah kroket Puerto Rico yang diberi isian daging sapi cincang yang telah dibumbui dan ditumis. Namun, bagian luarnya lebih mirip perkedel kentang, dibandingkan kroket.

Empanadillas

Pie goreng kebanggaan masyarakat Puerto Rico biasa diisi dengan daging sapi atau ayam cincang, atau terkadang keju. Bagian kulitnya mirip pastel namun lebih renyah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya