Tujuh Dampak Negatif Stres pada Kecantikan

Ilustrasi kulit bermasalah
Sumber :
  • Pixabay/ Kjerstin_Michaela

VIVA.co.id – Jika Anda mengalami stres karena pekerjaan, uang atau masalah lainnya maka segera hentikan. Sebab, stres bisa membuat Anda terlihat lebih tua dari usia sebenarnya.

10 Kebiasaan yang Membuat Karyawan Bahagia di Tahun 2024 Menurut Analisis

Menurut professor di Columbia University sekaligus pendiri Comprehensive Consultation Psychological Service di New York City, Dr. Sanam Hafeez Psy.D, seseorang yang tidak mampu mengatur stres, dapat membuat wajahnya jauh lebih tua.

"Ketika orang sedang stres, mereka bisa terlihat lebih tua lima tahun dan 10 tahun jika tidak mampu mengelola stres atau membuat perubahan dalam kehidupannya," katanya, seperti dilansir dari Medical Daily.

Warna Alam Pengaruhi Psikologis, Bisa Mengurangi Stres

Dia menuturkan, banyak orang menghabiskan uang untuk membeli produk dan melakukan perawatan kulit dan wajah, tetapi jika mereka stres maka semuanya tak akan memberi dampak apapun. Dan berikut ini dampak negatif stres untuk kecantikan.

Lingkaran hitam

Ramalan Zodiak Sabtu 2 Maret 2024, Cancer Mengalami Perubahan Secara Tiba-tiba

Mata tidak lagi nampak segar akibat adanya lingkaran hitam ini. Stres dapat membuat pembuluh darah di sekitar mata menjadi pecah dan menghasilkan lingkaran hitam dan penampilan lelah.

Kulit kusam

Peningkatan hormon kortisol saat stres memicu hormon estrogen menurun, seperti kondisi saat menopause. Penurunan estrogen menyebabkan berkurangnya produksi kolagen yang memberikan kelembapan alami kulit, sehingga kulit menjadi kusam dan kering.

Keriput

Cemas, gelisah dan menangis memicu garis-garis yang lebih dalam di sekitar mata, dahi, dan mulut.

Gatal-gatal

Peradangan yang diakibatkan oleh stres dapat memicu ruam, gatal-gatal, eksim dan mengubah kelembapan kulit.

Kantung mata

Rasa khawatir dapat membangunkan Anda di malam hari dan kurangnya tidur dapat menyebabkan cairan di bawah mata menjadi menumpuk, sehingga menimbulkan kantung mata.

Rambut rontok

Stres memicu folikel rambut menjadi berhenti bekerja lebih dini. Hal itu membuat rambut menjadi sulit bertahan lama atau mudah rontok.

Jerawat

Stres adalah alasan utama timbulnya jerawat. Biasanya orang yang mengalami stres, justru ingin menyentuh dan memencet jerawat, sehingga akan memperparah kondisi jerawat. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya