Laki-laki Cenderung Mudah Tidur Usai Bercinta, ini Sebabnya

Seorang laki-laki sedang tidur pulas.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Banyak yang bertanya-tanya, alasan kaum laki-laki cenderung lebih cepat tertidur usai bercinta, dibanding para wanita. Ternyata, beberapa hal ini bisa menjadi pemicunya.

Terpopuler: Seks di Pagi Hari untuk Dapat Keturunan hingga Negara Termurah Buat Dikunjungi

Profesor ahli pulmonary dan sleep medicine, Dr. Raj Dasgupta, menuturkan bahwa ruangan yang nyaman, redup, dan ranjang yang nyaman memicu tubuh untuk tidur. Namun, hal tersebut ternyata dipengaruhi oleh hormon-hormon tertentu pada tubuh pria.

Dilansir dari laman Fox News, laki-laki memproduksi hormon prolaktin usai ejakulasi. Selain itu, terjadi penurunan hormon kortisol dan diganti dengan oksitosin, yang memicu rasa nyaman.

4 Posisi Seks Aman, Anti Nyeri Buat Pasangan yang Punya Penis Ukuran Jumbo

Psikoterapis dan seks konselor, Ian Kerner, turut menuturkan perbedaan siklus hormon antara pria dan wanita. Menurutnya, saat pria mengalami ejakulasi, darah akan langsung mengalir deras menuju alat genitalnya. Usai ejakulasi, aliran darah pergi dan pria mengalami periode refraktori.

"Masalah utama adalah setelah pria ejakulasi, dia kembali mengalami pra-aroused state," ujar Ian.

Seks di Pagi Hari Lebih Mudahkan Pasangan dapatkan Keturunan?

Selain itu, Ian juga menambahkan bahwa kemeriahan neurokemikal saat orgasme juga turut memproduksi efek tenang dan mengantuk. (ren)

ilustrasi organ intim/vagina/ keputihan

Peradangan Vagina Hingga Seks Menyakitkan, Penelitian Temukan Solusi Atasi Masalah Kewanitaan

Masih banyak wanita yang mengalami masalah kewanitaan, seperti infeksi saluran kemih maupun problem di area vagina. Beberapa masalah lain di antaranya vaginitis atrofi.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2024