Misteri Curug Gondoriyo di Semarang

Curug Gondoriyo.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto

VIVA.co.id – Banyak yang tak menyangka bahwa wilayah perkotaan seperti di Kota Semarang tersimpan surga tersembunyi berupa air terjun alami yang indah. Eksotisme wisata alam di Ibu Kota Jawa Tengah itu dikenal dengan nama Curug Gondoriyo.

Libur Panjang Imlek, Intip 4 Wisata Menarik di Semarang Bernuansa Pecinan

Asal muasal Curug Gondoriyo memang diambil dari keberadaan lokasi air terjun yakni, di kampung Gondoriyo, Kecamatan Ngaliyan. Lokasinya bahkan tak jauh dari pusat Kota Semarang.

Curug Gondoriyo memang bisa dibilang destinasi wisata baru di kota ini. Sebab, keberadaan air terjun setinggi 20 meter ini baru saja ditemukan oleh warga sekitar. Berada di wilayah dengan geografis cukup tinggi di tengah hutan, membuat curug ini patut menjadi destinasi wisata bagi Anda yang gemar bertualang.

Mau Wisata ke Kota Lama dan Lawang Sewu Semarang? Naik Kereta Cuma Rp10 Ribu

Untuk menuju wisata baru tersebut memang harus ekstra hati-hati. Selain harus menuruni jalanan setapak nan terjal, lokasi jalan juga masih berlumpur, yang hanya bisa dilewati dengan berjalan kaki. Meski begitu, pengunjung tetap akan dimanjakan dengan udara segar dan pemandangan asri.

Menurut Amiril Mukminin, salah satu warga sekitar, objek wisata Curug Gondoriyo memang nyaris tak pernah terjamah manusia. Sebelum ditemukan, warga sekitar memang dikenal kerap memanfaatkan aliran sungai itu untuk mandi dan memancing.

Cantiknya Jembatan Kaca Tinjomoyo Semarang, Kapan Dibuka?

"Kadang ada yang mandi, ada pula dipakai memancing ikan, tapi sayangnya belum banyak yang tahu lokasi ini," ujar Amiril, Selasa, 28 Februari 2017.

Warga RT 03/RW 04 itu mengaku, keindahan curug dengan ketinggian 20 meter itu baru tampak setelah warga melakukan kerja bakti bersama membersihkan aliran sungai. Curug Gondoriyo telah ada di kampung tersebut sejak puluhan tahun silam. Kerja bakti sendiri dipimpin petugas Basarnas hingga memperbaiki akses masuk menuju air terjun.

"Kemarin bersih-bersih buat menyusuri muara daerah aliran sungai (DAS) Beringin. Jalannya masih licin dan kami perbaiki seadanya," kata dia.

Sejauh ini, Pemerintah Kota Semarang belum melakukan penataan sama sekali pada akses masuk Curug Gondoriyo. Lokasinya dibiarkan alami layaknya surga yang tersembunyi di tengah kota. Meskipun sebenarnya, kawasan curug akan mampu menjadi destinasi alam menarik di kota berjuluk lumpia itu.

Curug Gondoriyo

Temuan arca

Menurut penuturan Kasmadi, salah seorang sesepuh desa sekitar, selain menyimpan eksotisme air terjun indah, di Curug Gondoriyo konon tersimpan sebuah gua yang di dalamnya tersimpan cagar budaya. Warga percaya bahwa lorong pada gua tersebut terhubung dengan terowongan bawah tanah yang ada di Kaliwungu, Kendal.

"Di dalam gua itu konon ada sebuah arca berbentuk manusia dan beberapa benda purbakala berupa arca. Tapi arcanya sudah rusak. Tangan dan kepalanya putus," ucap Kasmadi.

Selain kabar adanya arca, di gua yang kini masih misterius itu pun diyakini sebagian masyarakat menyimpan sebuah patung angsa yang terbuat dari emas murni.

"Mungkin di situ dulunya pernah menjadi lokasi pertapaan dan tempat sembunyi," Kasmadi menambahkan. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya