Pentingnya Periksa Tekanan Darah Secara Rutin

Ilustrasi hipertensi.
Sumber :
  • Pixabay/stevepb

VIVA.co.id – Hipertensi merupakan penyebab kematian yang cukup tinggi di dunia, termasuk Indonesia. Meski membahayakan, namun tidak ada gejala khas yang bisa dikenali dari hipertensi. Karenanya, hipertensi juga disebut sebagai silent killer.

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

"Hipertensi pada umumnya tidak menimbulkan gejala. Gejala bisa timbul kalau sudah ada kerusakan organ akibat hipertensi itu. Maka dari itu disebut silent killer, tahu-tahu sudah ada kelainan ginjal, jantung, stroke," ujar pakar hipertensi, dr. Arieska Anna Soenarto, Sp.JP, FIHA, kepada VIVA.co.id baru-baru ini.

Itulah mengapa, Arieska menegaskan, pemeriksaan tensi darah adalah suatu yang penting. Pemeriksaan ini pun harus dilakukan secara berkala dan sudah mulai dilakukan sejak usia 30-an tahun.

Konsumsi Garam Berlebih Sebabkan 3 Penyakit Ini, Berujung pada Masalah Seksual

Pemeriksaan menjadi lebih penting bagi mereka yang memiliki riwayat keluarga dengan hipertensi, karena faktor primer dari hipertensi adalah genetik. "Kalau orangtua hipertensi, berarti kita empat kali kemungkinan terjadi hipertensi," ucapnya.

Menurut Arieska, pada usia muda, pemeriksaan tekanan darah rutin bisa dilakukan satu tahun sekali. Tapi jika sudah berusia 40 tahun ke atas, pemeriksaan dilakukan dua kali setahun. Terutama jika sudah ada faktor risiko lain seperti kegemukan, diabetes, dan riwayat hipertensi keluarga.

5 Rekomandasi Makanan Sehat untuk Penderita Darah Tinggi, Sayuran Hijau Paling Wajib

"Itu semua harus membuat kita tidak berpikir dua kali untuk memeriksakan," Arieska menegaskan. (ase)

Ilustrasi diabetes.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Beberapa penyakit yang timbul atau kambuh selepas Lebaran biasanya adalah diabetes, kolesterol, gangguan pencernaan, hipertensi, asam urat, hingga masalah lambung.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024