Teknik Benar Menyikat Gigi Anak yang Sering Dilupakan

Ilustrasi anak
Sumber :
  • Pixabay/Collusor

VIVA.co.id – Sejak kecil anak-anak diingatkan untuk selalu menjaga kesehatan giginya dengan menyikat gigi. Namun, sedikit orangtua yang mengetahui bagaimana menyikat gigi dengan benar.

Cara Seru Mengedukasi Si Kecil soal Kesehatan Gigi

Dari data yang ada, hanya sekitar sepuluh persen anak usia sepuluh tahun yang dapat menyikat gigi secara benar. Meskipun ada beberapa teknik khusus menyikat gigi anak, namun sesungguhnya teknik menyikat gigi pada anak terbilang cukup mudah.

"Ada teknik yaitu horizontal, roll dan sirkular. Horizontal yaitu menyikat dengan gerakan ke kanan dan kiri dan sirkular dengan melakukan gerakan melingkar kecil-kecil," ujar spesialis kedokteran gigi anak, drg. Felicia Melati, Sp.KGA, ditemui VIVA.co.id di kawasan Menteng, Jakarta.

Hindari Gaya Hidup Ini! Bisa Merusak dan Menimbulkan Penyakit Gigi

Kemudian, gerakan roll yaitu menggerakan sikat dengan setengah lingkaran. Felicia menyarankan, anak rutin menjalani ketiga teknik ini, selama dua kali sehari.

"Pagi dan malam itu wajib menyikat gigi. Siang cukup dengan kumur-kumur saja sesudah makan. Kecuali yang menempel banget makanannya, bisa dengan sikat gigi," kata Felicia.

8 Cara Atasi dan Cegah Karies Gigi pada Anak

Dituturkannya, saat malam, banyak anak yang mengabaikan untuk menyikat gigi. Hal ini yang sebaiknya diberikan pemahaman mendalam, agar anak mau dan sukarela menyikat giginya sebelum tidur di malam hari.

"Berikan edukasi bahwa saat malam, saliva berkurang, sehingga mulut tidak mampu membersihkan bakteri yang ada di sekitarnya. Dengan bantuan sikat gigi, diharapkan gigi berlubang bisa dihindari dengan meminimalisir bakteri," jelasnya. (ase)

Ilustrasi anak menyikat gigi.

Anak Usia 8-11 Tahun Paling Kritis Terhadap Masalah Gigi Permanen, Ini Penyebabnya Menurut Dokter

Survei SKRT-SKN mengungkapkan bahwa penyakit gigi dan mulut menduduki urutan pertama untuk 10 penyakit yang dikeluhkan masyarakat Indonesia dengan prevalensi 61 persen.

img_title
VIVA.co.id
25 Oktober 2023