Industri Fesyen Muslim Berkembang, Desainer Dadakan Menjamur

Desain busana muslim Amy Qonita
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bimo Fundrika

VIVA.co.id – Industri fesyen Muslim Indonesia, mengalami perkembangan yang sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Fesyen Muslim pun selalu mendapat tempat tersendiri di sejumlah gelaran fesyen di Indonesia, bahkan dunia.

Terbongkar! Rahasia Bisnis Busana Muslim Thariq Halilintar: Modalnya Fantastis!

Bahkan, negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia ini menargetkan menjadi kiblat fesyen muslim dunia pada tahun 2020 mendatang. Ali Charisma, National Chairman Indonesian Fashion Chamber (IFC), hal itu mendorong tumbuh dan berkembangnya industri fesyen muslim di Tanah Air dan munculnya desainer muslim dadakan.

"Khususnya, desainer dan brand sangat susah diukur karena mereka kebanyakan otodidak, tidak keluar dari sekolah mode. Sekolah mode pun tidak terlalu banyak yang khusus busana muslim, akhirnya mereka belajar otodidak," kata Ali kepada VIVA.co.id.

Intip Koleksi Raya 2024, Bisa Tampil Kece Sekeluarga di Hari Lebaran

Akibatnya, banyak desainer baru yang muncul secara tidak terarah dan tidak terkontrol. Itulah mengapa, Ali mengatakan, ajang seperti Muslim Fashion Festival dan Indonesian Fashion Chamber (IFC) bisa menjadi media interaksi bagi mereka untuk menjadi desainer dan menciptakan produk yang lebih bagus.

Terlebih, target Indonesia sebagai kiblat fesyen muslim dalam tiga tahun mendatang harus diikuti dengan kualitas produk yang terbaik. Sebagai asosiasi yang juga menaungi sejumlah desainer, IFC ikut mempersiapkan anggota, agar bisa menjadi tuan rumah yang dapat memberikan kualitas desain, bisnis, dan berkomunikasi yang baik secara internasional.

Pasca Kasus Perselingkuhan, Jeje-Syahnaz Jadi Model Busana Syar'i

"Kami akan fokus pada pelaku, perancang, dan brand busana muslim muda. Karena, di masa depan, industri mode akan banyak generasi muda yang berkembang dan berubah. Nantinya, mereka yang akan mewarnai industri mode secara keseluruhan," tutur Ali.

Meski tidak ada data pasti, namun Ali memperkirakan, ada puluhan ribu desainer baru di industri fesyen muslim di seluruh Indonesia. Sementara itu, desainer yang berada di bawah IFC saat ini berjumlah 160 orang. (asp)

Ridho Ilahi di IFW 2024

Ridho Ilahi Pilih Hadiah Ini untuk Sang Ibu di Hari Lebaran

Pada hari terakhir IFW 2024, Ridho Ilahi dan beberapa selebriti lainnya mengunjungi booth Luna Hijab untuk melihat koleksi-koleksi busana muslim yang ditawarkan.

img_title
VIVA.co.id
1 April 2024