Mudahnya Cara Membuat Bawang Hitam

Bawang Hitam
Sumber :
  • Pixabay/ch1310

VIVA.co.id – Mendengar bawang putih, bawang merah atau bawang bombay tentu bukanlah hal yang asing. Tapi pernahkah Anda mendengar bawang hitam. Ya, bawang ini ialah bawang yang dibuat dengan persiapan khusus. 

Bawang Hitam Bisa Turunkan Kadar Kolesterol, Benarkah?

Bawang ini pada dasarnya ialah bawang putih yang dipanggang. Bawang ini ialah bawang putih yang dimasak pada suhu 60 derajat celsius, di lingkungan yang lembap, selama hampir satu bulan. 

Proses memasak yang lama, mengubah siung yang sebelumnya tajam menjadi lembut, manis, lengket dan sedikit asam hitam atau coklat gelap.

Awas, Bahaya di Balik Lezatnya Mi Ayam Jika Dikonsumsi Keseringan

Bawang putih menjadi hitam saat dimasak untuk waktu yang lama pada suhu rendah karena Reaksi Maillard. Reaksi Maillard terjadi ketika gula dan asam amino dalam makanan bereaksi dengan panas dan menghasilkan molekul kompleks (yang kemudian menghasilkan molekul yang lebih kompleks) sampai ratusan berbagai molekul yang hadir. 

Hal itu yang memberi warna coklat di steak ketika dimasak atau pada sayuran saat dipanggang. Sementara Reaksi Maillard sering dikaitkan dengan hal-hal yang dimasak di panas tinggi, hal itu juga bisa terjadi pada suhu rendah, dan tentunya membutuhkan waktu lama

Pengakuan Pelaku Begal Siswa SMP di Depok Usai Ditangkap: Incar Anak Sekolah Bawa HP

Bawang ini juga bisa dikreasikan dengan berbagai hidangan. Bawang tersebut akan memberikan citarasa umami pada hidangan favorit. Anda dapat menggunakannya untuk membuat aioli, salad dressing atau bahkan membuat brownies yang lebih enak. (one)
 

Bawang Hitam

Khasiat Super Bawang Hitam Turunkan Kolesterol hingga Gula Darah

Bukan cuma bawang putih, bawang hitam juga punya khasiat ajaib

img_title
VIVA.co.id
17 Februari 2020