TUTUP
TUTUP
VIVALIFE

Sulsel Siapkan Beragam Event, Target 9 Juta Wisatawan

Salah satunya Lovely Toraja.
Sulsel Siapkan Beragam Event, Target 9 Juta Wisatawan
festival budaya Lovely December Tana Toraja di Rantepao, Sulsel (Antara/ Sahrul Manda Tikupadang)

VIVA.co.id – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulawesi Selatan, kini tengah menyiapkan sejumlah event besar tahun ini. Targetnya, sebanyak sembilan juta wisatawan baik domestik dan mancanegara dapat tertarik dalam pagelaran yang lebih memanfaatkan potensi wisata kabupaten/kota.

Kepala Bidang Pemasaran Disbudpar Sulsel, Yulianus Batara Saleh menyebut, event yang tengah dirancang oleh Pemerintah Provinsi Sulsel, di antaranya Toraja Internasional Festival (TIF), Lovely Toraja, Festival Takabonerate Kepulauan Selayar, Phinisi Festival di Kabupaten Bulukumba, dan Festival Kuliner.

"Selain itu, ada tiga event Sport Tourism yang akan dilaksanakan sepanjang tahun ini. Ada Makassar Marathon, Rammang-rammang Trail Run di (Kabupaten) Maros, dan Bira Trail Run di Bulukumba," kata Yulianus di Makassar, Selasa 7 Maret 2017.

Ia menjelaskan, tahun ini pihaknya berupaya mendorong daerah untuk menggelar event besar secara mandiri. Harapannya, masing-masing daerah bisa lebih berkontribusi terhadap peningkatan jumlah kunjungan wisatawan di Sulsel. 

"Kami sudah siapkan beberapa event besar, tetapi kami juga akan dorong pemda setempat agar promosinya bisa lebih kuat dan tepat sasaran. Kami juga bekerja sama dengan Asita (Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies) untuk mendukung event ini," ucapnya. 

Menurutnya, Disbudpar Sulsel menargetkan sembilan juta wisatawan pada tahun ini. Ia optimis, melalui beragam event tersebut targetnya dapat tercapai. 

"Tahun lalu kita sampai delapan juta, tahun ini kita naikkan lagi, pasti bisa lebih sembilan juta wisatawan," tuturnya. 

Pada 2016 lalu, jumlah wisatawan Sulsel didominasi wisatawan domestik, yakni sekitar 90 persen. Sementara untuk wisatawan mancanegara, berkisar 250 ribu turis asing. 
 

Suka traveling? Cek 5 hotel unik di dunia yang punya gaya anti-mainstream! Lihat daftarnya di video ini.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP