Menpar Ajak Pelaku Bisnis Pariwisata Tingkatkan Kualitas

Menteri Pariwisata, Arief Yahya.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Al Amin

VIVA.co.id – Kualitas industri pariwisata di Indonesia menjadi faktor penting untuk meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Indonesia. Untuk itu, Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengingatkan pelaku industri pariwisata tentang pentingnya menjaga kualitas layanan.

Parade Kapal Hias-Yacht Mewah di Sabang Marine 2024 Pukau Wisatawan Asing

Menurut dia, pelaku pariwisata harus bisa berkompetisi dengan standar internasional. “Tourism itu service industry. Kalau mau menjadi global player, selalu gunakan global standard,” kata Arief Yahya dalam sambutan dan arahan di Forum Kerjasama Industri Pariwisata yang diselenggarakan Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) di Gedung Sapta Pesona Kemenpar, Jakarta Pusat, Selasa, 7 Maret 2017.

Forum tersebut diarahkan untuk mendukung target jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang pada 2017 ini dipatok di angka 15 juta. Karenanya, dari forum itu diharapkan muncul strategi komprehensif untuk mempercepat kenaikan jumlah kunjungan wisman.

Kunjungan Wisman ke RI Januari 2024 Jadi yang Tertinggi dalam 4 Tahun

Selain itu, Arief juga mendorong pelaku industri pariwisata aktif menjual produk-produk wisata untuk meningkatkan jumlah wisman. “Melalui sales promotion, sales mission, fam-trip dan semacamnya yang diselenggarakan oleh pemerintah,” ujar menteri asal Banyuwangi itu.

Arief pun berbagi jurus-jurus yang bisa diterapkan oleh para pelaku industri pariwisata, seperti penggunaan platform digital agar pariwisata bisa semakin terjangkau. “Digital, itu tidak bisa dihindari, karena more digital more personal, more digital more global dan more digital more professional. Dalam platform digital itu ada excess economy yang bisa di-sharing sehingga biaya bisa menjadi lebih murah,” ujarnya menjelaskan.

Wisatawan Mancanegara Melancong ke RI di 2023 Naik Dua Kali Lipat, Tembus 11,7 Juta

Ia mencontohkan, selalu ada peak season dan low season di bisnis akomodasi, transportasi dan atraksi. Dengan platform digital, maka menjadi lebih mudah menghitung berapa kelebihan kapasitasnya, lalu bisa dibuat promo dengan harga jual yang kompetitif. (mus)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno di Kuala Tungkal

Sandiaga Uno Berharap Wisatawan Mancanegara Berkunjung ke Festival Arakan Sahur di Jambi

Sandiaga Uno Berharap Negara Luar Negeri Berwisata Arakan Sahur di Jambi

img_title
VIVA.co.id
18 Maret 2024