Menunggang Kuda Dapat Tingkatkan Kecerdasan Anak

Ilustrasi perbatasan
Sumber :
  • REUTERS / Mike Blake

VIVA.co.id – Ingin anak Anda menjadi pintar? Lupakan untuk menyewa jasa guru terbaik karena sebuah penelitian terbaru menyebutkan bahwa menunggang kuda dapat meningkatkan memori, belajar, dan penyelesaian masalah pada anak.

Kecerdasan Mikhayla Bikin Nia Ramadhani Kewalahan

Dilansir The Independent, sejumlah peneliti di Toyko University of Agriculture menemukan bahwa getaran yang dihasilkan oleh kuda ketika ditunggangi dapat mengaktivasi bagian dari otak yang disebut dengan sistem saraf simpatetik.

Artinya, ketika anak Anda menduduk sadel, kemampuan kognitifnya dapat berkembang dengan sangat baik.

Konsumsi Es Krim Saat Bangun Tidur Bikin Anak Lebih Cerdas

Para peneliti mempelajari efek dari menunggang kuda dengan meminta sejumlah anak-anak menyelesaikan respon sederhana dan tes matematika sebelum dan sesudah aktivitas menunggang kuda.

Penelitian yang diterbitkan di Frontiers in Public Health tersebut menemukan bahwa menunggang kuda dapat meningkatkan kemampuan anak untuk melakukan tugas prilaku dengan sangat baik.

60 Persen Kecerdasan Anak Ditentukan oleh Nutrisi

Namun, hasil uji coba ini kurang signifikan ketika menyelesaikan soal matematika.

Menurut sejumlah ahli, hasil penelitian ini berarti menunggang kuda dapat meningkatkan kemampuan kognitif yang menyebabkan kemampuan ingatan, belajar, dan penyelesaian masalah yang lebih baik.

Penulis penelitian Profesor Mitsuaki Ohta mengatakan, salah satu karakteristik penting dari langkah kuda adalah langkah tersebut memproduksi akselerasi tiga dimensi.

"Gerakan panggul kuda dapat memberikan rangsangan motorik dan sensori kepada tubuh manusia dan dalam penelitian ini. Saya yakin beberapa perbedaan di antara penampilan penunggang kuda bisa dikarenakan akselerasi ini," ujar Mitsuaki.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya