Terungkap, Hobi Tersembunyi Ruben Onsu

Ruben Onsu
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Shalli Syartiqa

VIVA.co.id – Siapa sangka artis sekaligus komedian Ruben Onsu punya hobi menyelam. Ya, hobinya ini sudah sejak lama ditekuni sejak tahun 2000-an ketika masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas.

Ibu Tukang Ojek Ketiban Hadiah Motor Listrik Gegara Nonton ANTV

Tak banyak yang tahu karena Ruben memang tak sesumbar. Diceritakan Ruben, pertama kali menyelam, ia mengarungi Kepulauan Seribu.

"Diving (hobi), ini pertama kalinya saya cerita (ke media). Udah setahun nih enggak menyelam, kerja terus," katanya saat berbincang dengan VIVA.co.id di studio ANTV, Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu 8 Maret 2017.

Raffi Ahmad Sebut Sudah Putus sama Orang Depok, Ayu Ting Ting?

Bagi Ruben, menyelam bukan sebagai gaya-gayaan semata. Menyelam, membuatnya merasa tenang dan damai. "Saya suka ketenangan, jadi kalau di dalam laut kayak ketemu dunia baru, seru," ujarnya.

Setelah mengarungi Kepulauan Seribu, kakak kandung Jordi Onsu itu semakin gila-gilaan untuk menekuni hobi tersebut. Berbagai pelatihan dan kursus diikuti Ruben.

Raffi Ahmad, Enzy Storia, Eko dan Komeng Jadi Juri Faktor Eks

"Masih banyak sih yang belum dijelajah. Yang udah tuh di Tulamben di Bali, Labuan Bajo sama Karimun Jawa," ungkap ayah satu anak ini.

Suami Sarwendah ini menjelaskan sedikit mengenai persiapan menyelam. Katanya, jika ingin menyelam harus memperhatikan tekanan udara.

"Kalau diving itu butuh waktu satu hari. Menyelam itu enggak bisa baru landing pesawat, harus lusanya baru bisa menyelam, karena perbedaan tekanan udara di bawah laut. Makanya banyak kejadian orang jadi budek, harus stabil," ujar bintang Pesbukers ini.

Ruben pernah menyelam hingga kedalaman 40 meter di Labuan Bajo. Dan ia merasakan tantangan dan sensasinya tersebut.

"Orang yang suka menyelam itu tenang, emosi stabil, karena saya bisa kontrol emosi di bawah laut. Diam di laut, jalan lagi, pindah tempat lagi, emosi jadi stabil," ujarnya.

Lantas ke mana tempat yang paling diincar Ruben untuk menyelam? "Raja Ampat di Papua. Tapi ke sana flight-nya lama, sementara libur dua hari itu juga untuk syuting," ujar Ruben.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya