Pria Tubuh Pendek Berisiko Alami Kebotakan Lebih Awal

Pria botak
Sumber :
  • Pixabay/ Pexels

VIVA.co.id – Masalah kebotakan rambut bukan hanya menjadi masalah yang menakutkan untuk wanita. Sejumlah kalangan pria, juga mengkhawatirkan masalah ini.

Jalani Transplantasi Rambut, Piyu Buat Banyak Orang Terkejut

Apalagi, belum lama ini, sebuah penelitian mengungkap bahwa masalah kebotakan bisa dialami lebih awal oleh pria dengan tubuh pendek.

Dilansir laman The Sun, para peneliti telah membandingkan gen dari 11.000 pria botak dengan 12.000 pria dengan kondisi tanpa rambut rontok.

Donny Damara dan Shandy Sjariff Terang-terangan soal Kebotakan di Pesta Warga

Mereka mengidentifikasi 63 perbedaan genetik terkait dengan kebotakan lebih awal dan beberapa juga terhubung dengan karakteristik fisik lainnya dan penyakit.

Sebelumnya, pria dengan kebotakan prematur lebih mungkin untuk menderita penyakit jantung dan kanker prostat. Tapi sekarang para peneliti dari University of Bonn, Jerman, telah mengaitkannya pada kondisi tinggi badan, warna kulit pucat dan meningkatkan kepadatan tulang.

Terungkap Penyebab Kebotakan pada Pria dan Wanita, Dokter Ungkap Cara Ampuh Atasinya

"Beberapa dari perubahan ini juga ditemukan sehubungan dengan karakteristik lain dan penyakit, seperti ukuran tubuh berkurang, terjadinya awal pubertas dan berbagai jenis kanker," kata Pemimpin studi Dr Stefanie Heilmann-Heimbach.

Namun dia juga mengatakan bahwa pria dengan rambut rontok prematur tidak perlu khawatir. Menurutnya risiko penyakit hanya akan meningkat sedikit.

"Namun demikian, menarik untuk melihat bahwa rambut rontok tidak berarti karakteristik yang terisolasi, melainkan menampilkan berbagai hubungan dengan karakteristik lainnya," kata dia menambahkan.

Boffins juga berharap untuk mengetahui bagaimana perbedaan-perbedaan genetik menyebabkan rambut rontok dengan harapan menemukan pengobatan. Temuan ini diterbitkan dalam jurnal Nature Communications.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya