Studi: Mocha Latte Mampu Tingkatkan Daya Fokus

Ilustrasi kopi.
Sumber :
  • Pixabay/paalharald

VIVA.co.id – Selain memiliki rasa yang enak, minum mocha latte ternyata dapat meningkatkan daya fokus dan membantu mengatasi kelesuan.

Mulai Peduli Kesehatan, Muncul Lagi Golongan Coffee Snob yang Ogah Pakai Gula

Menurut peneliti dari Clarkson University di New York dan University of Georgia, kombinasi kopi, cokelat dan susu mocha latte sangat baik menjaga daya fokus, demikian seperti dilansir dari Indian Express.

Dalam studi tersebut juga disebutkan bahwa para peneliti membandingkan efek mocha latte dengan beberapa jenis minuman serupa, misalnya cokelat panas atau kopi susu. Hasil penelitian tersebut mengatakan bahwa mocha latte mampu memotivasi otak untuk melakukan pekerjaan kognitif, mengatasi perasaan cemas, meningkatkan energi sehingga mengurangi kelelahan.

Prabowo Sempatkan Waktu Ngopi Bareng Relawan dan Warga Aceh: Luar Biasa Rasanya

"Cokelat mampu meningkatkan aliran darah ke otak, hal itu meningkatkan kognisi dan perhatian. Sedangkan kafein dapat mengatasi kecemasan," kata peneliti Ali Boolani dari Clarkson University.

Penelitian ini berlangsung hampir satu tahun. Pada praktiknya, peserta diminta meminum beberapa jenis minuman termasuk mocha latte. Setelahnya, peserta diminta untuk melakukan berbagai tes untuk melihat fungsi kognitif dan suasana hati responden.

Trik Bikin Kopi dengan Susu Biar Lebih Creamy dan Nikmat

Hasil penelitian tersebut mengungkapkan bahwa mereka yang minum mocha latte diketahui hanya memberikan sedikit kesalahan terkait dengan kurangnya perhatian. Tapi kemudian setelah menambahkan kafein kopi, efek kognitif yang ditingkatkan dan efek kecemasan minum kopi berkurang.

"Hasil tes yang pasti menjanjikan dan menunjukkan bahwa cokelat dan kafein adalah pilihan yang baik bagi siswa dan orang lain yang perlu meningkatkan perhatian berkelanjutan," jelas Boolani. (one)

Ilustrasi susu.

Gak Kalah Sehat, Susu Kacang Mede Diklaim Rendah Kalori Hingga Bebas Kolesterol

Susu nabati saat ini mulai diminati masyarakat tidak hanya bagi mereka yang intoleransi laktosa tapi juga mereka yang peduli akan kesehatan dan mulai hidup sehat.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2024