Blueberry Mampu Tingkatkan Fungsi Kognitif pada Lansia

Buah blueberry.
Sumber :
  • Pixabay/Azzurrodesign

VIVA.co.id – Sebuah penelitian baru-baru ini mengungkap bahwa mengonsumsi 30 mili konsentrat atau ekstrak blueberry setiap hari dapat meningkatkan fungsi otak pada lansia.

Tetap Sehat Hingga Lansia dengan Cara Ini

Dilansir dari lamann Indian Express, dalam studi tersebut, 26 responden berusia 65-77 tahun diminta mengonsumsi ekstrak blueberry setiap. Hasilnya, responden menunjukkan perbaikan dalam fungsi kognitif, sekaligus melancarkan aliran darah ke otak dan aktivasi otak saat melakukan tes kognitif.

Selain itu  penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Applied Physiology, Nutrition, and Metabolism tersebut juga menyebutkan bahwa responden yang mengonsumsi ekstrak blueberry Setiap hari ternyata menunjukkan gejala positif perbaikan memori kerja. 

Jika Si Nenek Tak Doyan Makan Waspada Penyakit Ini Mengintai

Diteliti lebih lanjut, kandungan ekstrak blueberry, seperti flavonoid, antioksidan, dan anti-inflamasi, merupakan komponen penting dalam dampak positif para lansia tersebut.

"Studi ini menunjukkan bahwa dengan hanya 12 minggu mengkonsumsi 30 ml ekstrak blueberry setiap hari, aliran darah otak, aktivasi otak dan beberapa aspek memori kerja ditingkatkan dalam kelompok orang usia lanjut yang sehat, " kata Joanna Bowtell dari University of Exeter di Inggris.

Pentingnya Jalan Kaki 10 Menit Sehari Bagi Lansia

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa risiko demensia berkurang dengan mengonsumsi buah dan sayuran yang tinggi. Selain itu, penelitian lain ya juga mencermati peningkatan fungsi kognitif pada lansia dengan diet makanan nabati.

Posyandu Khusus Lansia

Bahaya Lansia Malnutrisi, Picu Kelelahan hingga Amnesia

Lansia penderita kurang nutrisi masih tinggi di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
18 November 2019