Dana Korupsi E-KTP Setara Bujet Film Box Office Hollywood

Fast and Furious 6
Sumber :
  • Univeersal Pictures

VIVA.co.id – Kasus megakorupsi e-KTP di Tanah Air memang menyita perhatian masyarakat. Kasus ini disebut-sebut merupakan kasus korupsi terbesar yang pernah terungkap. Diduga, negara dirugikan hingga Rp2,3 triliun, angka yang besarannya begitu fantastis.

Yasonna Dorong Forum Pengembalian Aset Korupsi Century dan e-KTP di Forum AALCO

Menariknya, uang sebanyak itu setara dengan besaran rata-rata biaya produksi film box office Hollywood. Jika dikonversikan ke dollar AS, kerugian dari megakorupsi itu sekitar US$172 juta.

Dari daftar yang dirilis The-Numbers.com, beberapa film pahlawan super dari Marvel diestimasi memakan budget sekitar US$170 juta. Film yang masuk dalam daftar ini di antaranya adalah Guardians of the Galaxy (2014), Iron Man 2 (2010), dan juga Captain America: The Winter Soldier (2014).

Gak Balik Modal, The Flash Cuma Raup Rp800 Milyar di Box Office Global

Tak hanya pahlawan super, film bergenre fantasi dengan teknologi CGI yang keren juga ditaksir mengeluarkan budget serupa. Dawn of the Planet of the Apes (2014), misalnya. Film yang menggunakan banyak efek visual untuk para kera ini juga menghabiskan US$170 juta. Begitu juga dengan Snow White and the Huntsman (2012), dan Alice Through the Looking Glass (2016). Film action box office seperti Terminator 3: Rise of the Machines (2003) juga masuk dalam daftar ini.

Uang panas korupsi e-KTP bahkan lebih dari cukup untuk membuat film action sekelas Fast and Furious. Seri ke-6 film yang dibintangi Vin Diesel itu tercatat berdana US$160 juta saja. Artinya, masih ada sekitar US$12 juta yang tersisa. Bahkan, Fast Five hanya membutuhkan US$125 saja untuk pembuatan filmnya.

Intip Serunya Pertarungan Iko Uwais Lawan Jason Statham dalam Trailer EXPEND4BLES

Masih banyak film box office Hollywood lainnya yang setara dengan besaran dana korupsi e-KTP. Dari sekian banyak, masih ada Doctor Strange (2016) dengan US$165 juta, Independence Day: Resurgence (2016), Interstellar (2014), dan lain sebagainya.

Film Oppenheimer

10 Film Terbaik Hollywood yang Rilis Tahun 2023, Ada Favoritmu?

VIVA telah merangkum 10 film Hollywood yang rilis tahun 2023, mulai dari genre action, fantasy hingga romantis. Berikut daftarnya:

img_title
VIVA.co.id
5 Desember 2023