Studi: Punya Anak Bikin Umur Panjang

Ilustrasi ibu dan anak bermain
Sumber :
  • Pixabay/ golso

VIVA.co.id – Meskipun tidak mudah membesarkan anak bagi para orangtua, tetapi memiliki anak, menurut sebuah studi terbaru, ternyata bisa memperpanjang usia seseorang.

Omongan Rafathar Ini Bikin Raffi Ahmad Takut Gak Punya Umur Panjang

Temuan ini menunjukkan bahwa risiko kematian lebih rendah di antara mereka yang telah memiliki setidaknya satu orang anak dibandingkan mereka yang tidak memiliki anak. Di samping itu, hal ini pun tidak terpengaruh oleh jenis kelamin anak.

"Kami mulai meneliti pada (orangtua) usia 60 tahun dan kita pantau sampai usia 100 tahun," kata Karin Modig, salah seorang peneliti studi dari Karolinska Institute Swedia, seperti dilansir dari laman Indian Express.

10 Negara dengan Umur Pendek Terbanyak! Indonesia Masuk? Cek Posisinya di Sini!

Pada usia 60 tahun, perbedaan risiko satu tahun kematian adalah 0,06 persen di antara pria dan 0,16 persen di kalangan wanita.

Risiko satu tahun kematian seorang pria berusia 80 tahun dengan seorang anak adalah 7,4 persen, misalnya, dibandingkan dengan 8,3 persen untuk pria yang tidak punya anak pada usia yang sama.

Bisa Dicontek, Ini Rahasia Ampuh Orang Jepang Bisa Berumur Panjang

Kesenjangan dalam risiko kematian mutlak antara kedua kelompok meningkat dengan bertambahnya usia, dan agak lebih besar pada pria. Pada usia 90 tahun, perbedaan ini meningkat menjadi 1,47 persen di antara pria dan 1,10 persen di kalangan wanita.

Lebih lanjut, perbedaan risiko kematian adalah 1,2 persen di antara pria yang belum menikah dan 0,6 persen di antara mereka yang sudah menikah.

"Kami menemukan bahwa hubungan tersebut semakin kuat ketika orangtua bertambah tua. Lebih lanjut, studi ini menunjukkan bahwa orang yang tidak punya anak menghadapi kekurangan support menjelang akhir hidupnya," demikian tertulis di laporan studi yang diterbitkan secara online dalam Journal of Epidemiology and Community Health itu.

Dalam studi ini, para peneliti menganalisis data dan laporan dari 704.481 pria dan 725.290 wanita di Swedia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya