Cara Sederhana Merawat Tas Sesuai Bahan

Tas kulit.
Sumber :
  • Pixabay/laurentnormand

VIVA.co.id – Tidak hanya busana, tas kini menjadi salah satu item fesyen yang dapat menunjang penampilan seseorang. Berbagai varian model tas saat ini telah menjamur dan menjadi pilihan para wanita yang ingin tampil modis.

Tips Rawat Tas Preloved Branded, Supaya Harga Jualnya Tetap Tinggi

Bahan tas saat ini juga sangat beragam. Hal ini tentunya dapat menentukan sifat bahan, daya tahan, dan harga. Anda dapat dengan mudah memilih tas dengan model dan bahan-bahan sesuai dengan selera.

Kendati demikian, Anda tidak boleh melupakan perawatan pada tas yang benar dan tepat. Khusus untuk tas kulit, Anda dapat melakukan perawatan dengan kain lembut seperti kain microfiber. Lakukanlah ini setiap 3-4 bulan sekali  dan jangan lupa semirlah tas kulit Anda dengan krim semir khusus kulit dengan menggunakan sikat berbulu halus.

Mau Tas Kulit Asli Kesayangan Awet? Ketahui Tipsnya

Sementara itu, untuk tas berbahan kulit sintesis, Anda dapat menggunakan kain halus karena tas bahan ini mudah dibersihkan dan tahan noda. Namun, hindari tas dari suhu panas yang berlebihan, dan terik sinar matahari secara langsung.

"Bila tas terkena noda, dapat dibersihkan menggunakan kain lap lembut," ujar Felin Natalia, pemilik Momoko Bag & Shoes Spa saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Rabu, 15 Maret 2017.

Perawatan Simpel Bikin Tas Mahal Labih Tahan Lama

Dia menuturkan bahwa untuk tas berbahan parasut dan nylon, Anda dapat menggunakan kain basah dan sabun ringan dengan melapnya secara perlahan. Hindari merendam tas bahan ini dalam air karena akan menyusutkan lapisan dalam yang menyebabkannya mengerut.

Kemudian, untuk tas berbahan kanvas, Anda dapat menggunakan kain lembut yang telah dibasahi dalam perasan air. Pegang tas dengan sudut 45 derajat, tepuk-tepuk seluruh sisi tas dengan kain basah dan gosokkan pada tas kanvas.

Untuk tas berbahan suede cukup dengan menyikatnya dengan sikat lembut. Hindari menyimpannya dalam tempat yang lembap agar teksturnya tidak mudah rusak dan  gunakan penyedot debu untuk menjangkau kotoran di bagian tersembunyi. Lalu, bungkus tas dengan kertas tisu bebas asam. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya