TUTUP
TUTUP
VIVALIFE

Perkenalkan, Daging Ayam Sintesis

Produksi daging ini sangat ramah lingkungan.
Perkenalkan, Daging Ayam Sintesis
Daging ayam mentah (Pixabay/RitaE)

VIVA.co.id – Bagaimana jika ada seseorang mengatakan bahwa chicken fillet atau chicken teriyaki yang Anda makan dibuat tanpa membunuh satu ekor ayam pun, Anda mungkin tidak akan langsung percaya, bukan? Namun, kenyataannya, daging buatan sudah mulai dikembangkan.

Sebuah perusahaan budidaya daging Memphis Meats mengeluarkan produk terbaru mereka yaitu 'clean poultry meat'. Artinya, daging tersebut dibuat tanpa membunuh seekor unggas pun.

Jika sebelumnya sudah banyak produsen daging budidaya yang mampu membuat daging buatan, dilansir dari laman Foodbeast ini adalah kali pertama sebuah perusahaan mengembangkan daging dengan memanfaatkan sel tertentu yang didapat dari unggas, tentunya unggas yang mereka budidayakan.

Perusahaan ini memberikan tester kepada beberapa orang dengan menyajikan daging buatan ini dalam bentuk ayam goreng tepung dan beberapa olahan lain. Dalam percobaan ini didapati bahwa banyak yang menganggap daging ini lebih alot dari daging dada ayam asli, namun memiliki rasa yang hampir mirip dengan aslinya. Seluruh penikmat tester tersebut sepakat bahwa mereka mungkin akan menggunakan daging tersebut untuk diolah.

Diketahui bahwa Memphis Meat mengembangkan budidaya daging sebagai persiapan di masa depan saat produk daging alami tidak lagi banyak tersedia dan tidak ramah lingkungan.

Dengan budidaya daging menggunakan sel akan membuat produksi daging menjadi lebih ramah lingkungan yaitu mengurangi 90 persen penggunaan air, lahan dan mengurangi emisi gas karena jumlah rumah potong hewan juga akan turut berkurang.

Memphis Meat berencana akan memproduksi massal daging ini dan menjualnya di swalayan pada 2021 mendatang.

KOMENTARI ARTIKEL INI
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP