80 Persen Wisatawan Timur Tengah Berasal dari Arab Saudi

Pesawat Boeing 744 yang membawa Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud melintas di atas jalan sebelum mendarat di Bandara Internasional Ngurah Rai, Denpasar, Sabtu (4/3).
Sumber :
  • ANTARA/Nyoman Budhiana

VIVA.co.id – Dari tahun ke tahun, kunjungan wisatawan mancanegara asal Timur Tengah (Timteng) semakin meningkat. Asisten Deputi Eropa, Timteng, Afrika dan Amerika di Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Nia Niscya mengatakan, sebagian besar kunjungan wisatawan Timur Tengah berasal Arab Saudi.

Sosok Kriangkrai, PRT Sebabkan Sejarah Berdarah Thailand-Arab Saudi

Jika dibandingkan tiga negara Timur Tengah lainnya, yaitu Mesir, Uni Emirat Arab dan Bahrain, proporsi turis Arab Saudi merupakan yang paling besar, yakni 80 persen. "Ini potensi besar buat kita," kata Nia Niscaya saat ditemui di Novotel, Jakarta Pusat, Kamis, 16 Maret 2017.

Nia menuturkan kunjungan wisatawan asal Arab Saudi banyak, karena wisatawan dari Arab Saudi merasa aman saat berkunjung ke Indonesia baik dalam segi lingkungan maupun kulinernya.

Arab Saudi-Thailand Berselisih 30 Tahun karena PRT Pangeran

"Karena wisatawan Arab Saudi merasa aman ketika berkunjung ke Indonesia," tuturnya.

Berdasarkan data dari Kemenpar, pada 2014, tercatat jumlah kunjungan wisatawan Arab Saudi melalui 19 pintu masuk utama ke Indonesia sebanyak 147 ribu. Jumlah ini meningkat 9,26 persen pada 2015 menjadi 160 ribu kunjungan.

Arab Saudi-Thailand Pulihkan Diplomatik Setelah 30 Tahun Tak Akur

Bahkan sepanjang 2016, jumlah kunjungan wisatawan Arab Saudi sebesar 186 ribu atau tumbuh positif 16,15 persen. 

Selama ini perempuan Saudi hanya bekerja di bidang yang terbatas seperti guru dan tenaga kesehatan karena ketatnya pemisahan jender. (Reuters: Hamad I Mohammed)

Lowongan Masinis Perempuan di Saudi Dibanjiri 28 Ribu Pelamar

Sebuah lowongan kerja sebagai masinis perempuan di Arab Saudi dibanjiri oleh 28 ribu pelamar, padahal hanya 30 posisi yang tersedia. Antusiasme perempuan bekerja.

img_title
VIVA.co.id
17 Februari 2022