TUTUP
TUTUP
VIVALIFE

Riau Menyapa Dunia Lewat Festival Pacu Jalur

Festival ini diyakini bisa mendatangkan lebih banyak wisman.
Riau Menyapa Dunia Lewat Festival Pacu Jalur
Festival Pacu Jalur, Riau (Pemprov Riau)

VIVA.co.id – Provinsi Riau kaya dengan berbagai warisan budayanya, bisa menjadi potensi pariwisata. Salah satunya adalah tradisi Pacu Jalur dari Kabupaten Kuantan Sengingi. Pada 2017, Pemprov Riau memasukkan Festival Pacu Jalur sebagai acara besar dalam Calender of Event Riau 2017.

Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dalam siaran pers yang diterima VIVA.co.id, mengatakan bahwa pemprov siap menggelar acara besar yang bisa menyedot perhatian dunia, dengan “Festival Pacu Jalur, Riau Menyapa Dunia”.

"Sebagaimana Festival Pacu Jalur adalah tradisi budaya di masyarakat Kuantan Sengingi sejak satu abad lebih," kata Arsyadjuliandi Rachman, Jumat 17 Maret 2017.

Festival ini diyakini bisa mendatangkan lebih banyak wisatawan mancanegara dari Malaysia, Singapura, dan Thailand karena memiliki kesamaan dengan budaya mereka.

"Di dalamnya mengandung nilai-nilai edukatif dan sosial kemasyarakatan, dan nilai-nilai inilah yang harus kita jaga," ujar Arsyadjuliandi.

Festival olahraga dayung menggunakan perahu panjang yang terbuat dari pohon ini, memang kerap dibanjiri pengunjung domestik dan mancanegara. Bahkan, disebut sebagai acara budaya yang memiliki penonton paling ramai di Indonesia.

Biasanya, pelaksanaan pacu jalur digelar bertepatan dengan perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, yakni pada pertengahan Agustus. (art)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP