Riau Menyapa Dunia Lewat Festival Pacu Jalur

Festival Pacu Jalur, Riau
Sumber :
  • Pemprov Riau

VIVA.co.id – Provinsi Riau kaya dengan berbagai warisan budayanya, bisa menjadi potensi pariwisata. Salah satunya adalah tradisi Pacu Jalur dari Kabupaten Kuantan Sengingi. Pada 2017, Pemprov Riau memasukkan Festival Pacu Jalur sebagai acara besar dalam Calender of Event Riau 2017.

Hore! Di Gunung Prau Sudah Ada Posko Kesehatan dan Musala

Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dalam siaran pers yang diterima VIVA.co.id, mengatakan bahwa pemprov siap menggelar acara besar yang bisa menyedot perhatian dunia, dengan “Festival Pacu Jalur, Riau Menyapa Dunia”.

"Sebagaimana Festival Pacu Jalur adalah tradisi budaya di masyarakat Kuantan Sengingi sejak satu abad lebih," kata Arsyadjuliandi Rachman, Jumat 17 Maret 2017.

Mengintip Wisata Batam, Hotel Mewah Hingga Banyak Pantai Indah

Festival ini diyakini bisa mendatangkan lebih banyak wisatawan mancanegara dari Malaysia, Singapura, dan Thailand karena memiliki kesamaan dengan budaya mereka.

"Di dalamnya mengandung nilai-nilai edukatif dan sosial kemasyarakatan, dan nilai-nilai inilah yang harus kita jaga," ujar Arsyadjuliandi.

Dampak Corona, Devisa Pariwisata Hilang Rp21,75 Triliun

Festival olahraga dayung menggunakan perahu panjang yang terbuat dari pohon ini, memang kerap dibanjiri pengunjung domestik dan mancanegara. Bahkan, disebut sebagai acara budaya yang memiliki penonton paling ramai di Indonesia.

Biasanya, pelaksanaan pacu jalur digelar bertepatan dengan perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, yakni pada pertengahan Agustus. (art)

Menparekraf Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno Tegaskan Indonesia Aman Dikunjungi Wisatawan

Demi meyakinkan wisatawan, khususnya dalam negeri, Sandiaga Uno telah meninjau langsung beberapa destinasi wisata di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2021