TUTUP
TUTUP
VIVALIFE

Bukan Bali, Ternyata Wisatawan Betah di Provinsi Ini

Di provinsi mana, wisatawan asing paling lama menghabiskan waktunya?
Bukan Bali, Ternyata Wisatawan Betah di Provinsi Ini
Pulau Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pemerintah kompromi menyerahkan pengelolaan dan penamaan ribuan pulau kecil yang belum bernama kepada asing. (tvOne/Muhammad Tahir Sarno)

VIVA.co.id – Indonesia terus menjadi destinasi berlibur wisatawan asing. Ternyata, bukan Bali atau Jakarta yang berhasil membuat mereka betah! Lalu provinsi mana?

Menurut data yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS), ternyata Provinsi Kalimantan Timur yang menjadi destinasi paling lama disinggahi wisatawan asing.

Rata-rata, wisman menginap di Kaltim selama 4,60 hari. Angka tersebut mengungguli tiga provinsi yang merupakan destinasi liburan yaitu Jawa Barat (3,65 hari), Jawa Timur (3,61), dan Sulawesi Selatan (3,50).

Sementara itu, Sumatera Utara menjadi provinsi dengan rata-rata menginap wisman paling singkat yaitu hanya 1,24 hari.

Secara keseluruhan, kedatangan wisatawan mancanegara ke Indonesia pada Januari 2017 naik 26,58 persen dibandingkan Januari 2016. Awal tahun ini, total wisman yang datang ke Indonesia mencapai 1,03 juta orang.

China menjadi negara penyumbang wisman terbanyak dengan 20,27 persen. Diikuti oleh Singapura (11,82 persen), Australia (10,21 persen), Malaysia (9,86 persen), dan India (3,91 persen).

Lihat perkembangan pariwisata Indonesia pada 2017 di video VIVAgrafis ini. Bandara mana paling sibuk? Provinsi mana yang paling diserbu?

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP