Kuliner Khas Manado Siap Bikin Heboh Filipina

Masakan Manado ikan bakar kuah asam bunga pepaya
Sumber :
  • VIVA.co.id / Renne Kawilarang

VIVA.co.id – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) terus menggenjot promosinya di Asia Tenggara. Kementerian di bawah komando Arief Yahya itu akan bekerja sama dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Davao City mengikuti dua event kuliner sekaligus di Filipina Selatan.

Fahira Idris Protes Pemerintah Promosi Wisata saat Wabah Virus Corona

Yang pertama 1st Indonesian Food and Beverages Expo (IFBE) di House of Indonesia Davao City pada 17-19 Maret 2017. Pada tanggal yang sama, juga mengadakan Indonesian Culinary Festival (ICF) bekerja sama dengan Hotel Marco Polo Davao City.

KJRI Davao City, Berlian Napitupulu mengatakan, banyak masyarakat Filipina yang belum mengenal negara dan produk Indonesia dengan baik. Karena itu pihaknya berupaya mengadakan pameran produk dan promosi kuliner Indonesia, termasuk mengajak para pejabat terkait dan pelaku usaha di Mindanao.

Indonesia Gaet Wisatawan Korsel Lewat Acara Reality Show

“Kami akan membuat beberapa kehebohan melalui makanan-makanan Indonesia, agar kita diperhatikan. Sebenarnya beberapa produk Indonesia sudah mulai masuk di pasar Filipina Selatan, namun sebagian produk tersebut masuk melalui negara ketiga,” ujar Berlian dalam siaran pers yang diterima VIVA.co.Id, Jumat,17 Maret 2017.

Sementara, pendukungan Kemenpar pada Indonesia Culinary Festival (ICF) di antaranya pengiriman dua chef untuk menjadi narasumber, demo masak, cocktail, dan dinner yaitu Chef Joko Wiyono dan Chef Muhammad Solihin dengan membawa makanan khas Manado.

'Menjual' Indonesia Ke Warga Asing Lewat Cara Ini

“Kita memilih masakan Manado karena merupakan destinasi terdekat dengan Filipina. Masakan Indonesia Timur yang dipertunjukkan nanti dengan mengusung Trailing taste of East Indonesia Spices dengan bahan baku makanan dari Indonesia yang tidak ada di Davao antara lain bumbu dan rempah,” ujar Deputi Pemasaran Mancanegara Kemenpar, I Gde Pitana.

Di event ini Kemenpar juga memberikan dukungan pengiriman tim Cultural Performance yaitu Trio Batak. Selain itu, juga disediakan materi promosi pariwisata Indonesia. Yang istimewa dan jarang dipikirkan orang adalah, akses Manado dekat ke Filipina, terutama Cebu Island dan Davao City.

 Filipina

Viral Filipina Masukkan Pemandangan Indonesia di Video Promosi Pariwisata, Ini Komentar Pembuatnya

Departemen Pariwisata Filipina belum lama ini melakukan penyelidikan setelah video yang dibuat untuk iklan wisata negara itu justru menunjukkan gambar dari negara lain.

img_title
VIVA.co.id
4 Juli 2023