TUTUP
TUTUP
VIVALIFE

Mengulik Pesta Rondang Bintang di Simalungun

Pesta Rondang Bintang kental dengan budaya.
Mengulik Pesta Rondang Bintang di Simalungun
Pesta Rondang Bintang (Dok. istimewa)

VIVA.co.id – Pesta Rondang Bintang adalah salah satu budaya yang menarik untuk disaksikan di Simalungun, Sumatera Utara. Tradisi Pesta Rondang Bintang adalah pesta adat setelah panen. Ini digelar sebagai ungkapan rasa syukur atas keberhasilan panen raya.

Bupati Simalungun, JR Saragih mengungkapkan, pihaknya siap menggelar acara tersebut. Ini merupakan acara pariwisata tahunan berskala nasional. Saragih memastikan Pesta Rondang Bintang ini akan mendatangkan wisatawan lebih besar lagi.  Rencananya, acara ini akan digelar pertengahan tahun 2017.

"Event pariwisata ini sudah ada lebih dari 10 tahun," ucapnya dalam siaran pers yang diterima VIVA.co.id, Minggu, 19 Maret 2017.

Event pariwisata ini merupakan bagian dari budaya yang ada di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Acara tersebut akan melibatkan 31 kecamatan yang ada di Simalungun, Sumatera Utara.

Di event ini akan ada hila yakni sejenis tarian khas Simalungun, kemudian ada pula tradisi menarik rotan atau dalam bahasa Simalungun yaitu Cerita Otang, lalu ada perayaan kedinginan atau dikenal dengan Bodat Nanga Lian. Tak ketinggalan Makail atau memancing.

"Di Pesta Rondang Bintang pun juga disuguhkan tarian Tor-Tor Somba yaitu budaya Simalungun yang biasa digunakan untuk acara raja-raja," ujarnya.

 

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP