TUTUP
TUTUP
VIVALIFE

Benarkah Brokoli Mampu Cegah Kanker Prostat?

Sulforaphane dalam brokoli mampu perlambat sel-sel ganas.
Benarkah Brokoli Mampu Cegah Kanker Prostat?
Ilustrasi brokoli. (Pixabay)

VIVA.co.id – Selama ini, brokoli memang dikenal sebagai sayuran hijau yang sehat dan membawa banyak manfaat. Selain rendah kalori, brokoli juga merupakan sumber mineral yang baik.

Di balik semua itu, ternyata brokoli punya manfaat yang lebih luas. Menurut penelitian terbaru, Mengonsumsi sayuran seperti brokoli, yang tinggi sulforaphane, ternyata dapat menurunkan risiko kanker prostat. Kanker prostat sendiri adalah kanker tertinggi kedua secara global, yang dialami laki-laki.

Penelitian yang dimuat dalam Journal of Nutritional Biochemistry ini menunjukkan bahwa sulforaphane, senyawa makanan dari brokoli yang dikenal untuk membantu mencegah kanker prostat, dapat bekerja melalui pengaruhnya jangka panjangnya, pada non-coding RNA (lncRNAs) dan menawarkan cara baru untuk secara khusus mencegah atau memperlambat perkembangan sel-sel ganas.

Salah satu jenis lncRNA, yang disebut LINC01116, dan diregulasi dalam garis sel manusia dari kanker prostat, dapat mengurangi pengobatan dengan sulforaphane, kata para peneliti, seperti dilansir dari laman Indian Express.

"Studi ini menunjukkan bahwa pengobatan dengan sulforaphane bisa menormalkan kadar lncRNA ini," kata Laura Beaver, Research Associate di Oregon State University di Amerika Serikat.

Dalam studi ini, ketika LINC01116 terganggu, terjadi penurunan empat kali lipat dalam kemampuan sel kanker prostat untuk membentuk koloni.

"Ini mungkin berhubungan dengan lebih dari sekadar pencegahan kanker. Ini akan menjadi nilai yang signifikan jika kita bisa mengembangkan metode untuk lebih memperlambat kemajuan kanker, membantu menjaga kanker menjadi invasif," tambah Beaver.

Penelitian ini memperkuat gagasan bahwa lncRNAs adalah sebuah jalan baru yang menarik untuk penelitian kemoprevensi, dan bahan kimia yang berasal dari diet dapat mengubah pandangan mereka,

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP