TUTUP
TUTUP
VIVALIFE

Bertambahnya Usia Picu Masalah Gigi Sensitif

Jika dibiarkan terus menerus, akan membuat penderitanya tak nyaman
Bertambahnya Usia Picu Masalah Gigi Sensitif
Mulut dan Gigi (Pixabay/ Kjerstin_Michaela)

VIVA.co.id – Gigi sensitif menjadi salah satu masalah gigi yang paling banyak diderita orang. Jika dibiarkan terus menerus, kondisi ini tentu membuat penderita tak nyaman saat menyantap makanan atau minuman.

Menurut penjelasan drg Farichah Hanum, MKes, Ketua PB PDGI, ada berbagai macam penyebab dari gigi sensitif. Salah satunya adalah usia.

"Karena biasanya pertambahan usia menyebabkan gusi menjadi menyusut sehingga membuat akar gigi terbuka. Akar gigi yang terbuka ini membuat apapun rangsangan yang diterima pasien, baik itu panas, dingin, atau manis, menyebabkan gigi linu," ujar Hanum saat acara Peringatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia di SDN Rawa Buntu 03 Serpong, Tangerang, Senin 20 Maret 2017.

Selain itu, penyebab lain yang paling banyak dilakukan masyarakat adalah cara menyikat gigi yang salah. Banyak orang yang merasa khawatir tidak membersihkan gigi dengan maksimal sehingga menyikat dengan sangat keras.

Hal ini tentunya tidak baik untuk kesehatan gigi dan mulut. Karena gigi yang digosok terlalu berlebihan dalam jangka panjang, sekuat apapun kondisi gigi, pasti akan terkikis akibat trauma terus menerus.

"Lapisan emailnya akan menghilang dan akhirnya membuat gigi linu," terang Hanum. (one)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP