TUTUP
TUTUP
VIVALIFE

Bukan Dikorek, Ini Cara Tepat Bersihkan Telinga

Telinga punya cara unik bagaimana mengeluarkan benda asing
Bukan Dikorek, Ini Cara Tepat Bersihkan Telinga
Telinga (pixabay/Adinavoicu)

VIVA.co.id – Banyak yang salah kaprah, bahwa penggunaan cotton bud, untuk membersihkan kotoran telinga. Padahal, telinga memiliki cara unik untuk mengeluarkan benda asing di dalamnya.

Penggunaan cotton bud atau alat lainnya untuk membersihkan telinga, justru sesungguhnya tidak direkomendasikan, karena berisiko menimbulkan luka. Penanganan lain yang tidak tepat, juga dapat menimbulkan gangguan pendengaran.

"Jelas ketulian bisa terjadi akibat penanganan yang tidak tepat. 40 Persen penanganan yang tidak tepat, bisa sebabkan ketulian," ujar spesialis THT, dr Soekirman Soekin, Sp.T.H.T.K.L, M.Kes, pada acara peringatan Hari Pendengaran Sedunia, di Ditjen P2PTM, Percetakan Negara, Jakarta, Senin 20 Maret 2017.

Ketulian, lanjut Soekirman, membuat anak menjadi sulit bersosialisasi dan berprestasi buruk. Untuk itu, jika mengeluh gatal di telinga, ternyata tidak perlu dikorek.

"Saat bagian dalam telinga terasa gatal, cukup liang telinganya digoyangkan beberapa kali, untuk menghilangkan rasa gatal tersebut," lanjutnya.

Dituturkannya, penyebab rasa gatal itu sendiri bisa karena menumpuknya kotoran telinga. Agar tidak terjadi penumpukan, ternyata cara mengeluarkannya juga cukup mudah.

"Bisa dengan mengunyah. Karena dengan mengunyah, rahang bergerak, mendorong kotoran telinga untuk ke luar secara otomatis. Tapi, jika gatalnya berlebihan, bisa segera cek ke dokter, karena ditakutkan adanya benda asing selain kotoran telinga," ucapnya.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP