TUTUP
TUTUP
VIVALIFE

Wajib Tahu, Pentingnya Sikat Gigi Setelah Sarapan

Terkadang orang malas menyikat gigi setelah sarapan.
Wajib Tahu, Pentingnya Sikat Gigi Setelah Sarapan
Sikat gigi (Pixabay/stevepb)

VIVA.co.id – Merawat kebersihan gigi dan mulut menjadi salah satu bagian penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Salah satu caranya adalah dengan menyikat gigi minimal dua kali sehari.

Rutinitas menyikat gigi yang tak boleh ditinggalkan adalah setelah sarapan. Sarapan biasanya menjadi aktivitas penutup di pagi hari sebelum beraktivitas di luar rumah. Tapi seringkali, sikat gigi justru dilakukan sebelum sarapan.

Kenapa menyikat gigi setelah sarapan penting? Division Head for Health & Wellbeing and Professional Insitution Unilever, drg. Ratu Mirah Afifah menjelaskan, jika membersihkan gigi sebelum makan maka sisa-sisa makanan akan tertinggal di gigi dan bisa diubah menjadi asam oleh bakteri yang ada di dalam rongga mulut.

"Itu akan menjadi makanan yang mendorong bakteri-bakteri tersebut untuk berkembang biak dengan banyak. Terutama pada sisa makanan manis," ujar Mirah saat acara Peringatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut di SDN Rawa Buntu 03 Serpong, Tangerang, Senin, 20 Maret 2017.

Itulah kenapa membersihkan gigi setelah sarapan menjadi sangat penting. Apalagi jarak menyikat gigi di pagi hari hingga ke sikat gigi berikutnya ada jeda waktu panjang.

Dan di sela-sela jeda itu kita pasti banyak mengunyah makan. Bisa dibayangkan berapa banyak sisa makanan yang menumpuk jadi menjadi sumber bakteri berkembang biak.

Menyikat gigi, imbuh Mirah, menjadi cara untuk membersihkan sisa makanan yang menjadi sumber makanan bakteri dalam rongga mulut.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP