TUTUP
TUTUP
VIVALIFE

Tips Agar Anak Doyan Minum Susu

Orangtua harus menjadi agen yang memperkenalkan susu pada anak.
Tips Agar Anak Doyan Minum Susu
Ilustrasi anak minum susu (Pixabay/Candice_Rose)

VIVA.co.id – Seringkali kita mendapati anak tidak mau meminum susu. Berbagai cara sudah dilakukan namun tidak ada yang berhasil. Bagaimana sikap orangtua? Apa yang harus dilakukan?

Psikolog Roslina Verauli, M.Psi memaparkan beberapa hal yang perlu Anda tahu untuk menumbuhkan perilaku minum susu pada si kecil. Pertama, kata dia, Anda harus ciptakan suasana yang menyenangkan karena minum susu seringkali menjadi sesuatu yang penuh tekanan karena ada paksaan dari orangtua. Lingkungan dalam hal ini memegang peranan penting untuk membiasakan anak minum susu.

"Perilaku minum susu tampil tapi situasi tidak menyenangkan, sehingga timbul emosi negatif yang kita sebut punishment, tanpa sadar kegiatan minum susu berkaitan dengan emosi negatif sehingga perilaku minum susu menghilang," ujar Roslina dalam jumpa pers Kampanye 'Saatnya Keluarga Minum Susu Sekarang!' Oleh Frisian Flag Indonesia di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Senin, 20 Maret 2017.

Kedua, perilaku minum susu tidak tumbuh jika anak melihat opsi lain yang bisa mereka pilih selain susu. Apalagi opsi tersebut terdiri dari makanan yang jurang sehat

"Terlalu banyak opsi yang kurang sehat, kita minta anak minum susu tapi yang disajikan bukan susu, akibatnya perilaku minum susu gagal muncul yang muncul adalah perilaku lain menikmati konsumsi lain selain susu," jelasnya.

Ketiga, orangtua harus menjadi agen yang memperkenalkan susu pada anak. Ibaratnya, kata Roslina, orang tua adalah support system dalam menumbuhkan perilaku tersebut.

"Ciptakan setting moment dan kembali asosiasikan susu dengan keakraban kebersamaan keluarga. Hadirkan saja dulu mau diminum atau enggak biarkan saja dulu. Jadikan orangtua pendorong, tuangkan susu untuk anak, dari sana muncul emosi positif, yang akhirnya akan menimbulkan perilaku minum susu secara perlahan," kata dia.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP