TUTUP
TUTUP
VIVALIFE

Dongeng Bikin Anak Lebih Kreatif

Masih banyak manfaat dongeng yang berguna untuk buah hati.
Dongeng Bikin Anak Lebih Kreatif
Ilustrasi buku dongeng (Pixabay/ Mysticsartdesign)

VIVA.co.id – Kebiasaan menceritakan dongeng pada anak sebelum tidur sudah bukan hal baru lagi. Bahkan kini, mendongeng untuk anak-anak bisa dilakukan kapan saja. Termasuk, ketika menggelar acara ulang tahun atau pentas seni.

Mendengarkan dongeng, memang menjadi kesenangan untuk sebagian besar anak-anak. Tak hanya itu, mendongeng juga memiliki banyak manfaat untuk si kecil. Salah satunya, mencegah anak dari insomonia. Ini karena penyampaian dongeng yang dilakukan dengan benar dapat membuat si anak rileks dan mengantuk.

Dalam sebuah dongeng, tidak melulu terkait dengan mitos atau fantasi saja. Sebab beberapa dongeng pun ada yang diangkat dari kisah nyata. Kalau pun tidak berasal dari kisah nyata tapi pengaturan wilayah atau lokasi yang di dalam dongeng  sesungguhnya benar-benar ada, seperti cerita rakyat Gunung Tangkuban Perahu.

"Ada banyak manfaat dari dongeng sendiri seperti mencegah anak dari insomnia karena dongeng dengan pembawaan lembut penuh penghayatan membuat si anak rileks."

Kemudian dongeng sendiri bisa menceritakan cerita rakyat dengan cara ringan. Dari cerita itu, akan ada banyak pesan moral yang bisa didapat oleh anak. "Dan saya bilang dari dongeng anak-anak juga bisa mempelajari sejarah," ujar Ade M Syafaat selaku Pendongeng dari Dongeng Cerita di kawasan Jakarta Pusat, Senin, 20 Maret 2017.

Dongeng yang sarat akan unsur hiburan ini juga dapat membuat anak merasa senang dan bahagia karena tentunya terdapat bagian jenaka di dalamnya. Tidak hanya itu, anak-anak juga bisa belajar menjadi kreatif karena stimulus mereka berimajinasi dari cerita-cerita dongeng yang didengarkan.

Biasanya dalam dongeng terdapat bagian pesan moral dan ini bisa menjadi sarana pembelajaran nilai kehidupan bagi siapa saja yang membaca dan mendengarkannya.

"Dari dongeng ini anak-anak bisa belajar menjadi kreatif karena stimulus mereka berimajinasi dari cerita-cerita dongeng yang didengarkan. Serta memaparkan banyak nilai kehidupan yang ringan untuk disampaikan," ucapnya.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP