Studi: 6 Drama Korea Paling Banyak Dibicarakan di Indonesia

Gong Yoo dan Kim Go Eun dalam Goblin
Sumber :
  • tvN

VIVA.co.id – Sejak Hallyu atau demam Korea melanda Indonesia, tayangan drama Korea atau K-drama seakan tidak dapat dipisahkan dari perhatian masyarakat. Dari hasil pemantauan yang dilakukan Isentia, perusahaan media monitoring asal Australia melalui kantor perwakilannya di Jakarta, pada periode 1 hingga 20 Maret, terdapat 23 ribu pembicaraan menyangkut drama Korea di ranah maya.  

Drama Thirty-Nine Gak Tayang Minggu Depan, Ini Alasannya

Seperti dalam rilis yang diterima VIVA.co.id, pada Selasa 21 Maret 2017, Berdasarkan hasil pemantauan, judul drama Korea Goblin adalah yang paling banyak dibicarakan oleh netizen Indonesia dengan jumlah porsi 39,73 persen dari 23 ribu total pembicaraan. Meski serial ini telah berakhir pada 21 Januari 2017, namun ternyata hasil ini membuktikan Goblin masih populer hingga sekarang, di mana rata-rata terdapat 461 buzz tiap harinya.

Hal ini  ditopang oleh penulis skenario Kim Eun Sook (The Heirs dan Descendants of the Sun) yang menyajikan kisah yang membuat penonton hanyut ke dalamnya. Secara fenomenal drama ini mendapatkan rating tertinggi kedua dalam sejarah TV kabel Korea. Goblin juga kembali ramai dibicarakan setelah meraih Grand Prize di Korea Cable TV Awards 2017 pada bulan ini. Akibatnya, banyak penikmat K-drama yang sering membicarakan serial ini sampai sekarang.

10 Drama Korea Bikin Nangis, Siapin Tisu Kalau Mau Nonton

Sementara itu, drama Defendant memperoleh porsi pembicaraan sebanyak 19 persen. Lalu disusul Chief Kim dan Voice yang masing-masing mendapatkan 10,15 persen serta 9,96 persen. Sementara Strong Woman Do Bong Soon yang debut pada 24 Februari 2017 tercatat meraih 8,19 persen. Yang terakhir, serial Missing Nine hanya berhasil memperoleh 7,82 persen.

Semenjak mendulang kesuksesan berkat Winter Sonata, kini serial K-drama semakin bervariasi dari segi jalan cerita maupun produksi. Belakangan, drama Korea berlatar fantasi seperti Goblin terbukti sangat sukses merebut hati penonton, termasuk di Indonesia.

Sinopsis Business Proposal, Drama Terbaru Ahn Hyo Seop
Kim Ha Neul dan Kim Sung Ryung

Sempat Ditunda, Ini Sinopsis Kill Heel yang Tayang Malam Ini

 Drama Kill Heel yang sempat tertunda penayangan pada Februari 2022 lalu, akhirnya akan resmi tayang malam ini, 9 Maret 2022

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022