Ria Miranda Bawa Koleksi Busana Muslim Motif Batik ke Korea

Koleksi busana muslim motif batik kawung Ria Miranda
Sumber :
  • Diza Liane Sahputri/Viva.co.id

VIVA.co.id – Perancang busana Tanah Air, Ria Miranda akan melakukan pagelaran busana muslim di Seoul, Korea Selatan. Desainer tersebut akan menjadi perwakilan pertama dari Indonesia untuk tampil di Fashion KODE Fall/Winter 2017.

Terbongkar! Rahasia Bisnis Busana Muslim Thariq Halilintar: Modalnya Fantastis!

Acara tersebut diselenggarakan oleh Korea Creative Content Agency (KOCCA), yang merupakan program tahunan hasil kerja sama bilateral antara Jakarta Fashion Week (JFW) dan Indonesia Fashion Forward (IFF). Bertempat di Prugio Valley, Seoul, acara ini berlangsung mulai 28-30 Maret 2017 dengan diikuti oleh desainer lokal maupun mancanegara.

Kali ini, Ria Miranda tetap menampilkan ciri khas Indonesia. Ria akan menghadirkan koleksi dengan menggunakan motif bunga achillea millefolium atau daun seribu, yang merupakan bunga serbaguna, dengan kombinasi motif batik kawung.

Intip Koleksi Raya 2024, Bisa Tampil Kece Sekeluarga di Hari Lebaran

"Koleksi yang aku bawa, yaitu Riamiranda Signature Floternite. Melalui koleksi ini, aku ingin eksplor lebih dan memperkenalkan motif batik kawung dari Indonesia. Tampilan modern namun kaya akan budaya lokal," ujar Ria saat konferensi pers di Kebayoran, Jakarta, Rabu, 22 Maret 2017.

Koleksi tersebut, Ria menuturkan, terinspirasi dari era berpakaian wanita usai perang dunia kedua, di mana terjadi pembatasan jumlah untuk penggunaan bahan pakaian. Sehingga, pada era itu, banyak wanita yang mengenakan warna, motif, dan potongan pakaian lebih maskulin.

Pasca Kasus Perselingkuhan, Jeje-Syahnaz Jadi Model Busana Syar'i

"Pesan yang ingin aku sampaikan melalui koleksi ini supaya karakter wanita lembut tapi harus tegas dan mandiri," katanya.

Sementara Ai Syarif selaku perwakilan JFW, menuturkan bahwa acara ini sudah ketiga kalinya dilaksanakan. Ia berujar, tujuan dilakukannya pagelaran ini dengan menampilkan Ria Miranda untuk memperbanyak pembeli busana muslim Indonesia di mancanegara.

"Kami mendatangkan desainer ke Fashion KODE agar bisa bertemu langsung dengan buyer, dengan tujuan go international. Jadi Ria nanti di sana tidak hanya memamerkan busana tapi juga memasarkannya," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya