Ini Alasan Mengapa Makanan Pedas Bikin BAB Tak Nyaman

Ilustrasi makanan pedas.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Cabai dan makanan pedas lainnya, memang terkadang memicu nafsu makan. Namun, bagi sebagian orang, makanan pedas malah menyebabkan rasa tidak nyaman saat buang air besar.

Daftar Harga Pangan 22 April 2024: Cabai hingga Telur Ayam Naik

Sebagian besar orang yang tidak terbiasa makan-makanan pedas, cenderung merasakan sensasi terbakar di bagian bokong saat buang air besar. Percaya atau tidak, kulit di mulut dan bokong memiliki sensitivitas yang sama.

Dikutip dari laman Medical Daily, rasa pedas biasanya dipicu oleh senyawa kimia bernama capsaicin. Saat masuk ke dalam sistem pencernaan, akan memicu sistem saraf bernama TRPV1. Salah satu fungsi dari sistem saraf tersebut yaitu merasakan sensasi nyeri di area tubuh yang dikehendaki.

Daftar Harga Pangan 19 April 2024: Bawang hingga Telur Naik

Hal ini yang menyebabkan sensasi terbakar tak terhindari di area mulut dan bokong, akibat adanya fungsi TRVP1 yang bekerja. Saat buang air besar, hal yang sama juga terasa karena reseptor TRVP1 bekerja di area tersebut.

Meski demikian, Anda tidak perlu panik. Sensasi nyeri dan terbakar, memang wajar dirasakan oleh beberapa orang yang tidak terbiasa dengan rasa pedas.

Daftar Harga Pangan 18 April 2024: Beras Premium hingga Gula Konsumsi Naik

Bahkan, capsaicin tidak selamanya berdampak buruk. Beberapa studi mengaitkan capsaicin dengan manfaat kesehatan seperti menurunkan rasa nyeri dan menurunkan berat badan.

Peternak memanen telur ayam di kandang miliknya di desa Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Sabtu, 9 Maret 2019.

Daftar Harga Pangan 23 April 2024: Daging Sapi hingga Telur Ayam Turun

Harga komoditas pangan mayoritas terpantau rata-rata mengalami penurunan.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024