Kamameshi, Hidangan 'Nasi Rames' ala Jepang

Hidangan khas Jepang, Kamameshi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ezra Natalyn

VIVA.co.id – Jepang memiliki aneka hidangan khas utama yang biasanya disajikan dengan berbagai hidangan pelengkap. Salah satunya adalah nasi yang dimasak di dalam panci besi hingga bagian bawahnya agak kecoklatan yang disebut dengan kamameshi.

Lezatnya Beef Bowl, Sajian Resep Spesial Restoran Jepang Yoshinoya Sejak 1899

Kamameshi pada awalnya berasal dari Takeshitakama. Arti awalnya yaitu panci nasi. Hidangan ini biasanya dinikmati secara komunal atau bersama-sama saat berkumpul.

Beberapa waktu lalu, VIVA.co.id dan sejumlah wartawan asing berkesempatan mengunjungi salah satu restoran di Negeri Sakura yang terkenal dengan hidangan kamameshi. Restoran bernama Shomyo itu terletak di Yamaga City yang letaknya hanya sekitar 100 meter dari gedung pertunjukan Teater Yachiyoza.

Cicip Ramen Khas Jepang dengan Kuah Kaldu Kaya Kolagen

Kamameshi disajikan dengan aneka lauk dari olahan telur dan boga bahari. Tak lupa dengan tiga macam jenis acar. Untuk kamameshi sendiri bisa dipilih dimasak dengan daging ayam atau dengan olahan boga bahari seperti udang dan cumi.

Pada saat cuaca dingin khususnya gerimis pada saat itu, kamameshi terasa sangat pas dinikmati. Apalagi panas nasinya bisa bertahan lama karena disajikan langsung di panci masak. Hidangan ini biasa dinikmati dengan air putih atau teh hijau sesuai selera.

Obati Rindu Liburan ke Jepang di Japan Dining Festival

Sebagai hidangan penutup, restoran Shomyo menyajikan buah stroberi yang rasanya sangat manis. Terakhir, secangkir kopi hitam yang wanginya semerbak menjadi penutup acara makan bersama. (ren)

Sukiyaki.

Menikmati Sukiyaki dengan Cita Rasa Autentik Jepang, Unik Pakai Lelehan Permen Kapas

Sukiyaki ala ‘Kansai’ berasal dari wilayah Kansai di selatan Honshu, Jepang. Kansai-style mengadopsi metode unik di mana dagingnya dibakar terlebih dahulu.

img_title
VIVA.co.id
24 Desember 2023