Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Sejak dalam Kandungan

Wanita hamil.
Sumber :
  • Pixabay/Pexel

VIVA.co.id – Membuat anak jadi lihai berbahasa bukan perkara mudah. Anak harus sering diberikan stimulasi berbicara. Terkadang, cara menstimulasi inilah yang cenderung dilupakan orang tua.

Ello Berbagi Kabar Gembira, Sang Istri Hamil Anak Kedua

Di usia tujuh bulan dalam kandungan, si kecil sudah bisa mendengar pembicaraan orang-orang di sekitarnya. Ternyata, hal ini juga yang dapat dilakukan orangtua untuk menstimulasi perkembangan bahasa anak.

"Stimulasi sejak usia kandungan tujuh bulan. Ketika sudah lahir, anak akan merasa pernah kenal dengan kata-kata yang diucapkan, jadi stimulasi di otak sudah terbentuk," ujar psikiater dr Gitayanti Hadisukanto, Sp.KJ (K) kepada VIVA.co.id di Jakarta.

Viral Curhat Wanita Soal Janinnya yang Tiba-Tiba Hilang, Kok Bisa?

Mulai perdengarkan musik maupun ajak berbicara selama dalam kandungan, bagi Gita, sangat bermanfaat untuk stimulus bahasa anak. Kemudian, saat anak sudah lahir, stimulasi berbahasa juga harus diberikan sejak dini.

"Anak usia tiga sampai empat tahun, stimulasinya harus intens. Salah satu caranya dengan interaksi dari orangtua yang dilakukan dengan intens dan secara langsung melalui bermain," kata Gita.

Anak Pertama Masih Belum Setahun, Penyanyi Ratu Meta Umumkan Hamil Anak Ketiga

Dengan bermain bersama, lanjut Gita, anak yang diajak bermain peran, cenderung lihai dalam berinteraksi. Orang tua juga disarankan menempatkan diri sebagai teman sebaya si kecil.

"Orang tua harus memegang stimulasi dengan bermain bersama, bukan menemani bermain saja. Bermain bersama dengan pretend play seperti main jual-jualan atau masak-masakan," kata Gita. (ren)

Ilustrasi wanita hamil mengemudi

Posko Mudik Perempuan Bisa Cek Kehamilan, Tekanan Darah Hingga Sedia Kondom! Catat Titiknya

Pada momen mudik Lebaran 1445H ini, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) membuka Posko Mudik 'Posko OPOR Bu Bidan' di beberapa lokasi titik mudik. Ada di wilayah mana saja?

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024