Pentingnya Punya Asuransi Perjalanan saat Berlibur

Ilustrasi traveling menggunakan mobil.
Sumber :
  • Pixabay/Unsplash

VIVA.co.id – Tingginya minat masyarakat Indonesia melakukan plesir ke berbagai tempat wisata, terlihat dari ramainya booth-booth yang dikunjungi tiap kali pameran travel digelar. Tidak hanya pariwisata luar negeri, gencarnya promosi yang dilakukan Kementerian Pariwisata juga berpengaruh pada meningkatnya sektor pariwisata Indonesia.

Tips untuk Perempuan yang Baru Pertama Kali Lakukan Solo Traveling

Berdasar data dari Kemenetrian Pariwisata tahun 2015, tercatat kenaikan rata-rata sektor pariwisata Indonesia per tahun sebesar tujuh persen. Dengan terus bertumbuhnya sektor pariwisata Indonesia, memberi dampak positif di berbagai sektor, termasuk asuransi.

"Adanya travel fair yang membuat traveller ingin belanja sebanyak-banyaknya, tapi belum banyak yang tahu asuransi itu sangat penting," kata Dyah, perwakilan dari Astindo dalam jumpa pers Zurich di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, 24 Maret 2017.

Tips Traveling Aman di Masa Pandemi

Hal tersebut diakui oleh travel blogger ternama Indonesia, Marischa Prudence, yang mengatakan bahwa selama melakukan perjalanan, banyak risiko yang dihadapi, mulai dari bagasi hilang, paspor hilang, sehingga memiliki asuransi dalam perjalanan merupakan hal wajib untuk dimiliki.

"Semakin sering travelling, semakin besar dan banyak risiko yang dihadapi. Risikonya bukan hanya berkaitan dengan keselamatan jiwa, tapi juga risiko lain yang tidak pernah terbayangkan, seperti kehilangan bagasi dan paspor. Salah satu teman saya juga jatuh sakit saat travelling, dan biaya berobat kalau di kurs kan ke rupiah mencapai Rp1,2 juta," ucap Marischa.

Doyan Traveling, Tips Luna Maya Liburan Murah Dapat Fasilitas Mewah

Padahal, jika memiliki asuransi perjalanan, tentunya semua itu akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. “Kebanyakan traveller alergi ke negara berkembang yang fasilitas kesehatannya jauh lebih mahal, dengan travel insurance lebih terjamin keselamatan dan kesehatannya," kata Presiden Direktur Zurich Philippe Danielski.

Sebagai sponsor utama dalam Astindo Travel Fair 2017, Zurich memberikan asuransi yang memberikan kemudahan dalam proses klaim, ditambah lagi sekarang asuransi yang tersebar di lebih dari 210 negara dan wilayah ini meluncurkan Zurich action promise untuk asuransi perjalanan.

"Bagaimana kalian tahu sebuah asuransi itu bagus? Dari proses klaimnya. Dengan program ini, nasabah mendapat kemudahan untuk klaim yang cepat. Satu hari kerja untuk proses konfirmasi penerimaan klaim, tiga hari kerja untuk konfirmasi klaim sejak dokumen diterima secara lengkap, dan dalam tujuh hari uang akan ada dalam rekening nasabah," ujar Philippe menjelaskan.

Dan selama pameran digelar, setiap transaksi melalui agen asuransi dan perusahaan penjual tiket, akan mendapatkan paket asuransi perjalanan gratis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya