Gedung Melengkung Ini Bakal Jadi yang Terpanjang di Dunia

The Big Bend di Manhattan, New York
Sumber :
  • oiiostudio

VIVA.co.id – Perlombaan membangun gedung pencakar langit paling spektakuler telah mencapai level berbeda. Salah satu desain bangunan terbaru 'The Big Bend', dipastikan bakal mengubah sudut pandang orang dalam melihat gedung saat ini.

Detik-detik Pelaku Dugaan Pelecehan Seksual Anak di Bawah Umur Diamuk Massa

Gedung ini digambarkan sebagai bangunan terpanjang di dunia. Gambar dari konsep proyek mengungkapkan bahwa wujud gedung sangat unik, yakni melengkung ke bawah. Selain itu, gedung tersebut juga menampilkan sistem lift yang dapat melakukan perjalanan horizontal dan loop.

Desain gedung yang unik ini merupakan solusi yang dicetuskan pihak studio untuk menyiasati aturan zonasi di New York. “Aturan zonasi kota New York telah menciptakan satu trik aneh, di mana pengembang mencoba untuk memaksimalkan tinggi properti dalam rangka untuk membuat sebuah struktur bertingkat yang prestise. Tapi bagaimana kalau tinggi diganti dengan panjang? Bagaimana jika bangunannya yang panjang bukan tinggi?” ujar pihak studio.

Terpopuler: Pengakuan Shin Tae-yong ke Ernando, Kata Pelatih Australia Usai Dihajar Timnas Indonesia

"Jika kami berhasil menekuk struktur gedung, daripada melanggar peraturan zonasi di New York, kami akan bisa membuat salah satu gedung prestisius di Manhattan. Gedung terpanjang di dunia."

Meregang sepanjang 4.000 kaki atau sekitar 1.219,2 meter, gedung berlapis kaca ini akan perlu sebuah lift di luar desain yang sudah ada. Tim menjelaskan, "Apa yang pernah dianggap sebagai tantangan terbesar dalam sejarah lift, akhirnya menjadi kenyataan. Lift dapat melakukan perjalanan dalam kurva, horizontal, dan di-loop terus-menerus."

Waspada! Buaya Masih Berkeliaran di Kolam Ikan Milik Warga Medan Labuhan

"The Big Bend dapat menjadi solusi arsitektur karena pembatasan ketinggian di Manhattan. Kami dapat menyediakan struktur bangunan yang menonjol tanpa khawatir tentang batas-batas langit," kata tim desain seperti dilansir laman Dailymail.  

The Big Bend di Manhattan, New YorkThe Big Bend di Manhattan, New York. Foto: oiiostudio

Big Ben di London

31-5-1859 : Pertama Kalinya Menara Jam Big Ben Berdentang

Big Ben bukanlah nama menaranya.

img_title
VIVA.co.id
31 Mei 2017