Bolehkah Penderita Diabetes Minum Kopi? Ini Saran Dokter

Secangkir kopi.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Banyak mitos yang menuturkan bahwa kafein harus dihindari oleh para penderita diabetes. Namun mitos tersebut tidak perlu dikhawatirkan, sebab tidak terbukti kebenarannya.

5 Dampak Buruk Terlalu Banyak Minum Kopi, Kesehatan Bisa Terancam

Kafein sendiri ternyata baik untuk dikonsumsi oleh semua orang, tak terkecuali bagi para penderita diabetes.

"Tidak ada larangan kafein bagi penderita diabetes. Justru kopi itu bagus untuk otot jantung dan zat antioksidan," ujar spesialis penyakit dalam, dr. Benny Santosa, SpPD, KEMD, dalam diskusi media “Kepatuhan Berobat Pasien Diabetes,” di kawasan Menteng, Jakarta, Jumat 24 Maret 2017.

5 Makanan yang Patut Dihindari Saat Sahur, Dijamin Puasa Tahan Seharian

Menurutnya, tidak perlu ada larangan untuk konsumsi kopi atau minuman berkafein lainnya. Hal tersebut bukan pantangan. Namun, konsumsinya sendiri, sebaiknya tidak berlebihan.

"Satu cangkir kopi itu sudah cukup bermanfaat bagi tubuh. Selama tidak mengalami efek samping seperti jantung yang berdebar-debar, satu cangkir per hari sudah cukup," kata Benny.

Ini Penyebab Tremor yang Bikin Tangan Suka Gemetar

Asupan kopi atau minuman kafein yang berlebihan akan berdampak buruk. Selain itu, disarankan agar membiasakan diri konsumsi kopi tanpa gula.

"Adaptasi minuman kafein tanpa gula sudah mulai harus dilakukan. Alangkah baiknya konsumsi kopi tanpa gula, karena asupan gula sendiri sebenarnya sudah banyak tercukupi dari makanan lain. Kalau ditambahkan, bisa berlebihan di tubuh," kata Benny. (ren)

Ilustrasi makanan/ buka puasa/ batalkan puasa.

5 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Berbuka Puasa, Dijamin Gak Bikin Begah

Saat bulan Ramadan tiba, umat Muslim bersiap untuk menunaikan ibadah puasa. Buka puasa menjadi momen yang dinanti-nanti setelah seharian menahan lapar dan haus.

img_title
VIVA.co.id
27 Februari 2024