Miliki Potensi Wisata Tinggi, Remaja Dikenalkan Wayang

Kemenpar perkenalkan wayang pada generasi muda
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adinda Permatasari

VIVA.co.id – Wayang menjadi salah satu budaya pertunjukan klasik yang kental akan pesan moral. Warisan budaya yang dinobatkan UNESCO sebagai Masterpiece Budaya Dunia ini memiliki potensi wisata yang sangat tinggi.

Penampilan Kapolri, Panglima dan 3 Kepala Staf TNI Jadi Wayang Orang

Sebuah kegiatan kesenian dibungkus dalam tajuk Semarak Wayang Pesona Indonesia, acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata ini, mengundang sejumlah siswa SLTP dan SLTA di Jakarta untuk mengikuti workshop wayang tersebut.

Kepala Bidang Promosi Wisata Budaya Kemenpar, Wawan Gunawan mengatakan, melalui wayang ini coba dipromosikan kepada anak-anak agar generasi muda mengenal bagaimana wayang, menyenangi wayang, dan menjadikan wayang sebagai atraksi wisata,

Panglima TNI Sampai Kapolri, Tampil di Pagelaran Wayang Orang Pandowo Boyong

"Seni ini momentum sebagai promosi. Ini yang akan dijual kepada masyarakat secara lahir dan batin. Artinya, mereka datang bisa mengamati, memegang, dan bisa merasakan. Mereka jadi punya pengalaman batin luar yang biasa," ujar Wawan di sela kegiatan Semarak Wayang Pesona Indonesia di Tugu Api Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Jumat 24 Maret 2017.

Dalam kegiatan ini, para siswa mendapat pemaparan mengenai berbagai jenis wayang dan tokoh-tokoh di dalamnya. Materi wayang tersebut disampaikan oleh Budayawan Gaura Mancaritadipura yang berasal dari Australia, serta sejumlah dalang lainnya.

Sandiaga Uno Ternyata Melow, Nangis Waktu Nonton Film Ini

Wawan menambahkan, promosi budaya ini merupakan upaya mendekatkan wayang dengan generasi muda. Menurutnya, kurangnya minat generasi muda terhadap wayang disebabkan oleh tidak ada ruang dan waktu yang memberikan kesempatan mereka untuk mengenal wayang.

"Tidak akan ada kata tidak suka, kalau diberi ruang dan waktu. Sekarang mereka diberi ruang dan waktu untuk melihat, mengamati, memegang, dan memainkan sendiri. Seperti yang dilakukan juga di negara lain," ujarnya. (art)

Ada Cuplikan Sawah Bali dalam Video Promosi Pariwisata Filipina

Kegep! Ada Cuplikan Sawah Bali dalam Video Promosi Pariwisata Filipina

Video promosi pariwisata Filipina kegep mengambil cuplikan pemandangan alam dari negara lain, salah satunya menampilkan pemandangan sawah di Ubud, Bali, Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
3 Juli 2023