Sembilan Kesalahan dalam Menimbang Berat Badan

Ilustrasi diet/menurunkan berat badan.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Banyak orang yang merasa terobsesi dengan berat badannya sehingga membuat mereka justru melakukan banyak hal yang berdampak buruk pada tubuh daripada kebalikannya. Salah satunya adalah tak henti mengecek berat badan setiap saat.

6 Olahraga Aman saat Menjalankan Puasa Ramadan

Padahal, dalam menimbang berat badan pun ada caranya sendiri. Berikut sembilan kesalahan umum yang dilakukan orang ketika menimbang berat badan seperti dilansir Times of India.

Menimbang setiap hari

Waspada, Ini 4 Bahaya Langsung Tidur Setelah Sahur, Bisa Sebabkan Diabetes

Waktu ideal dalam menimbang berat badan adalah seminggu sekali, 10 hari sekali atau Anda bisa melakukannya setiap dua minggu sekali. Jika Anda selalu ingin mengetahui berapa berat badan Anda setiap hari, hal ini akan memicu pwrilaku obsesif yang tidak menyehatkan buat tubuh.

Menimbang setelah berolahraga

Selain Gak Bikin Lemes saat Puasa, Gerakan Olahraga Ini Dijamin Bikin Kurus

Tahukah Anda, setiap satu liter air sama dengan satu kilogram berat tubuh Anda? Ketika Anda berolahraga, tubuh Anda kehilangan banyak air karena keringat. Karenanya, menimbang setelah berolahraga dapat mengurangi berat badan Anda. Jika Anda ingin menimbang sebelum dan sesudah olahraga, tidak masalah. Tapi, jangan keburu gembira dahulu melihat hasilnya.

Menimbang di tempat teman

Anda harus mengingat aturan dalam mengontrol berat badan, Anda harus menggunakan alat timbang yang sama setiap waktu. Jika tidak, meskipun timbangannya tidak dikalibrasi dengan baik, Anda akan tetap mengetahui perubahan yang terjadi pada berat badan Anda.

Menimbang di waktu berbeda

Ini adalah aturan lain yang harus Anda ingat, bukan hanya menimbang pada timbangan yang sama tapi juga pada waktu yang sama. Jangan pernah menimbang sehabis makan siang yang banyak atau makan malam. Timbanglah berat badan di pagi hari saat perut masih kosong.

Menimbang dengan mengenakan sepatu dan pakaian

Kaos atau rok mungkin tidak akan banyak memengaruhi timbangan Anda, tapi ketika cuaca dingin dan Anda mengenakan pakaian berlapis, jangan pernah menginjak alat timbangan. Gunakan pakaian seminim mungkin dan sebaiknya pakaian yang sama ketika menimbang.

Alat timbangan di atas karpet

Awalnya ini diyakini sebagai mitos, tapi sekarang sejumlah studi mengindikasikan bahwa jika Anda menaruh timbangan di atas karpet, berat badan Anda akan bertambah. Taruhlah mesin timbangan pada permukaan yang keras, seperti lantai keramik, agar mesinnya bisa membaca dengan benar.

Menimbang pada hari tertentu dalam satu bulan

Ini hanya berlaku untuk wanita. Saat masa menstruasi, wanita cenderung memiliki berat badan lebih tinggi karena simpanan air dalam tubuh mereka. Hindari menimbang berat badan di hari itu.

Jangan sering menimbang jika sangat memengaruhi Anda

Jika Anda menjadi cemas ketika memikirkan akan menimbang berat badan, sudah saatnya Anda menghilangkan kebiasaan menimbang. Namun, Anda tetap bisa menjaga tubuh ideal dengan kisaran berat badan dibandingkan dengan angka. Penambahan 2-3 kilogram masih normal dan berpakulah pada berat badan itu. Perubahan bisa terjadi karena perubahan di perut atau makanan yang Anda makan.

Ketika Anda terlihat kurus tapi berat bertambah

Jika Anda puas dengan penampilan dan berat badan Anda, buat apa menimbang lagi. Berbahagialah dengan kondisi Anda sekarang dan jaga kesehatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya