TUTUP
TUTUP
VIVALIFE

Bermodal Smartphone, Mereka Sukses Bisnis Jasa Titip

Feenya minimal Rp5.000, ada juga yang sesuai negosiasi.
Bermodal Smartphone, Mereka Sukses Bisnis Jasa Titip
Jasa titip beli menerima titipan belanja di luar maupun dalam negeri. (Pexels/freestocks.org)

Jastip @tipbar_ikea

Pemilik akun jastip @tipbar_ikea, Hardika Widiasri, misalnya. Ia merupakan salah satu contoh pelaku bisnis jastip yang berhasil karena personal brandingnya. Hardika sendiri mengkhususkan diri pada barang-barang produk IKEA.

"IKEA merupakan toko home furnish yang cukup terkenal di luar negeri, dan saat open store di Indonesia, IKEA baru mempunyai satu store saja. Hal itu yang membuat saya memulai bisnis jasa titip pembelian barang-barang IKEA," cerita Hardika ketika awal mula ia menjalankan bisnis jastip.

Ia pun mengaku, niat awal sebenarnya ingin membantu membelikan orang-orang barang IKEA karena rumah mereka jauh, di luar kota, di luar pulau atau pun tidak ada waktu untuk berbelanja. "Selain itu kebetulan rumah saya dekat dengan store sehingga mobilisasi untuk berbelanja sangat terjangkau."

Kebanyakan produk yang dipesan pecinta produk-produk IKEA adalah peralatan dapur dan makan, aneka bed textile, lighting, rugs, home decoration, furniture seperti sofa, lemari pakaian, ranjang, kasur, meja makan, dan lain-lain.

Dia yakin, menjadi perantara penjualan produk-produk IKEA bisa mendatangkan banyak keuntungan. Karena semua produk yang dijual IKEA diyakininya mempunyai keunikan, multifungsi, dan harganya pun terjangkau sehingga membuat orang-orang tertarik untuk membelinya.

Karena sudah menjadi bagian dari hobi berbelanja produk-produk rumah tangga, wanita yang akrab disapa Asri ini seringkali belanja langsung ke store nya. Sekali perjalanan belanja, Asri bisa membeli lebih dari 100 barang kecil dan besar.

Konsumennya, diakui Asri kebanyakan ibu rumah tangga. Tetapi beberapa kali ada juga yang membeli atas nama management sebuah kantor atau restoran. Untuk pembayaran, tidak perlu repot, bisa full payment dengan transfer bank. Jika ada kelebihan uangnya, misalnya barang yang diinginkan sedang sold di store, maka uang pun bisa kembali.

Dari jasa titip ini, Asri mengaku tidak banyak mengambil keuntungan. Untuk fee, dia mulai dari Rp5000 per barang. Detailnya, harga barang di bawah Rp20.000 fee Rp5.000. "Harga barang Rp20.001-Rp50.000  fee Rp10.000. Harga barang Rp50.001-Rp100.000 fee Rp12.000. Harga Rp100.001-Rp150.000 fee Rp15.000. Harga Rp150.001-Rp200.000 fee Rp20.000. Harga Rp200.001-Rp250.000 fee Rp25.000. Dan harga Rp250.001-Rp300.000 fee Rp30.000, dan seterusnya," terang Asri.

Namun, khusus harga barang di atas Rp1 juta feenya antara Rp80.000-Rp100.000. Harga fee, juga sudah termasuk biaya packing bubble wrap atau plastik wrap atau dus atau koran.

Dari bisnis ini, omzet yang diraih Asri cukup besar. "Kalau tidak ada sale Rp6 juta-Rp7 juta per bulan. Kalau sedang ada sale bisa mencapai Rp10 juta- Rp11 juta per bulan," ungkapnya.

Diakui Asri bisnis ini benar-benar menjanjikan karena bisa dijalani tanpa modal. "Jadi kita belanja sesuai dengan list customer yang sudah payment. Selain itu untuk seorang ibu rumah tangga seperti saya jadi bisa mempunyai pendapatan tambahan," ujarnya.

Walau mudah dijalankan, bukan berarti bisnis ini tanpa jaminan. Untuk menjamin produk yang ditawarkannya 100 persen asli, setiap pembelian akan disertakan struk belanja. Tak hanya itu, agar pengguna jastip ini percaya, Asri pun sering melakukan share picture saat sedang berbelanja.

Bagi Asri, bisnis ini sangat menyenangkan, apalagi, ketika jumlah pemesanan begitu banyak. Karena saat itu terjadi, ia pernah beberapa kali harus dua kali bolak-balik dari toko ke rumah mengangkut barang karena mobil tidak cukup untuk mengangkut.

"Tetapi jika ada pesanan barang yang besar-besar dan panjang-panjang sehingga sama sekali tidak muat di mobil kami, kami menggunakan jasa sewa pickup. Dan biaya yang ditimbulkan karena sewa tersebut kami yang menanggung," kata Asri.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP