TUTUP
TUTUP
VIVALIFE

Bermodal Smartphone, Mereka Sukses Bisnis Jasa Titip

Feenya minimal Rp5.000, ada juga yang sesuai negosiasi.
Bermodal Smartphone, Mereka Sukses Bisnis Jasa Titip
Jasa titip beli menerima titipan belanja di luar maupun dalam negeri. (Pexels/freestocks.org)

Konsep Unik Bistip.com

Berbeda dengan tipbar_ikea dan Ayo Titip, bisnis yang ini agak berbeda. Ya, bistip.com mempertemukan traveler dengan penitip barang. Platform unik ini memang sengaja dibuat untuk melakukan jasa titip menitip online.

Bistip.com bisa dibilang juga sebagai sebuah komunitas online untuk layanan titip-menitip.

Jika Anda suka menitip sesuatu pada saudara atau kerabat yang akan bepergian ke luar kota atau ke luar negeri, mulai dari menitip makanan khas, cendera mata, hingga barang pribadi, bistip.com bisa dimanfaatkan.

Apalagi, jika orang-orang sekeliling Anda jarang bepergian ke luar kota atau luar negeri. Meski, bisa mendapatkan barang tersebut melalui kios online seperti Amazon.com atau eBay.com, tapi jasa tersebut seringkali tak digunakan ketika berpikir, biaya pengiriman barang yang sangat mahal.

Melihat kebutuhan itu, dua orang Indonesia yang masing-masing telah menyelesaikan studi di Australia dan Amerika Serikat menggagas suatu ide untuk memfasilitasi orang-orang yang suka titip-menitip. Bagaimana caranya? Dengan Bistip.com.

Apa itu Bistip.com? Bistip.com merupakan sebuah perusahaan startup yang mewadahi aktivitas titip-menitip antarpengguna melalui website. Dirilis sejak 11 Maret 2011, situs ini menggabungkan tradisi titip-menitip dan internet, sehingga memanfaatkan mobilitas manusia dengan komunikasi instan jarak jauh.

Di dalam situs tersebut, Anda akan menemukan istilah-istilah seperti Bistiper, atau pihak yang bisa dititipi barang, dan Wanted Bistiper, atau pihak yang mencari orang untuk bisa dititipi barang. Sederhananya, Wanted Bistiper akan memakai jasa Bistiper untuk membeli suatu barang di daerah yang dikunjunginya.

Sebagai contoh, Anda berdomisili di Jakarta, yang suatu hari menginginkan gudeg asli Jogja yang hanya bisa didapatkan di Yogyakarta. Anda bisa mencari Bistiper di Bistip.com yang juga berdomisi di Jakarta dan berencana pergi ke Jogjakarta dalam waktu dekat. Dengan begitu, dia bisa dititipkan untuk membeli gudeg tersebut. Tentu saja, Anda harus menyiapkan imbalan untuk Bistiper. Besarannya, tergantung hasil negosiasi Anda berdua.

Begitu pun sebaliknya. Selain menitip, Anda juga bisa dititipkan sesuatu oleh pengguna lain. Sebagai Bistiper, Anda juga bisa meminta imbalan pada Wanted Bistiper.

"Sebenarnya ini berawal dari pengalaman salah satu penggagas ide kita yang doyan jalan-jalan. Selain sering dititipkan oleh orang-orang sekitarnya, dia juga sering nitip kalau ada kerabat yang berencana pergi ke suatu tempat," kata Panggi Libersa Jasri Akadol, yang bertindak sebagai Web Producer and Programmer Bistip.com di awal pendiriannya tahun 2011 silam.

"Sejak itu, dia lantas memikirkan untuk membuat fasilitas bagi orang-orang yang suka titip-menitip. Jadilah Bistip," jelas Panggi. Ide ini, katanya, murni berasal dari penggagas Bistip, dan diklaim sebagai fasilitas khusus titip-menitip yang pertama di dunia.

Lalu, apa saja yang biasa dititipkan orang melalui Bistip?

"Umumnya barang pribadi. Beberapa ada juga yang menitip makanan khas daerah yang dikunjungi. Selain itu, gadget-gadget dengan harga murah, seperti Apple iPad 2, dan lainnya," tutur Panggi.

Lain halnya dengan bistip.com, ada lagi platform unik yang menawarkan jasa sama, yakni titipbarang.com.

Lewat websitenya dijelaskan, TitipBarang.com merupakan online store yang menjual barang-barang branded dari USA. Pengelola menjamin semua produknya asli dan terpercaya, karena produknya didapat dari outlet-outlet di USA.

Pembeli dapat membeli produk langsung dari online store ini atau langsung dari online store lainnya. "Kami akan bantu mengirimkan produk yang ada butuhkan apabila kami tidak menjual produk tersebut di online store kami," tulisnya.

TitipBarang.com ini dimulai dari keluarga dan teman-teman yang berusaha untuk mendapatkan produk dari USA tanpa perlu ke USA.Terbersit untuk memperluas bisnis ini untuk orang-orang di Indonesia yang mencari, memerlukan, dan mau mencoba produk dari USA dengan mudah melalui TitipBarang.com tanpa perlu jauh-jauh ke USA.

"So, kalau anda mencari, memerlukan, dan mau mencoba produk dari USA, jangan ragu-ragu untuk hubungi kami atau belanja melalui online store kami di www.titipbarang.com," promo website tersebut.

Untuk mendapatkan layanan jasanya, Anda  akan diminta untuk mengirimkan list barang yang diinginkan ke email atau Whatsapp. Lalu, transfer dana ke rekening yang diminta sesuai estimasi. Kemudian, list permintaan barang Anda akan diproses, dan akan dikirimkan door to door ke rumah Anda.

Jika berselancar di website ini sebelum menitip produk, Anda pun bisa mencari tahu, produk Amerika apa saja yang sedang diskon. Dengan begitu, akan ada banyak keuntungan yang Anda bisa dapatkan melalui jasa titip ini. (umi)

 

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP