Cara Tepat Merebus Telur Agar Matang Sempurna

Telur Rebus
Sumber :
  • pixabay/condesign

VIVA.co.id – Merebus telur mungkin adalah cara termudah yang bisa dilakukan dalam membuat hidangan berbahan dasar telur. Sementara itu, cara lain memasak telur membutuhkan keahlian khusus.

Intip Cara Chef Memasak Telur Ceplok, Ternyata Caranya Beda

Seperti misalnya menggoreng yang membutuhkan keahlian untuk membaliknya, atau scrambled egg yang berisiko membuat telur menjadi keras, beberapa hal itu masih membingungkan banyak orang.

Tapi dengan telur rebus, Anda hanya perlu meletakkan telur di atas sebuah air mendidih, dan membiarkannya hingga benar-benar matang. Tapi tentu ini juga tidak sesederhana yang dibayangkan.

Turunkan dan Kontrol Gula Darah dengan Telur Rebus

Butuh waktu untuk menghasilkan kuning telur yang sempurna. Sementara itu, beberapa orang memang menyukai tingkat kematangan yang beragam, baik itu yang sedikit berair atau yang cukup keras. Berikut ini panduan untuk memasak telur dengan sempurna.

Dilansir laman Huffington Post, menurut buku France Culinary Institute, pada 2007, beberapa orang menyukai tiga jenis tingkat kematangan, mulai dari sedikit cair, setengah matang, hingga matang sempurna. Untuk ukuran sedikit cair butuh waktu selama tiga menit, setengah matang 4 menit dan matang sempurna 10 sampai 11 menit.

Cara Rebus Telur yang Tepat Agar Kulit Pisah dengan Cangkang

Tips lain yang juga perlu diperhatikan ialah usahakan menempatkan telur rebus dalam panci yang cukup besar untuk menampung telur dalam satu tempat. Sebaiknya memasak tidak lebih dari enam telur sekaligus. Selain itu pastikan besar api dan juga tingkat didih yang tepat. Sehingga tidak membuat telur terlalu matang.

Tutup telur dengan air dingin. Rebus air hingga mendidih kemudian atur api hingga yang paling rendah. Atur waktu mulai dari sekarang.  Ketika waktu dirasa cukup, segera pindahkan telur ke dalam air dingin. Ini mencegah telur tidak terlalu matang dan mendapatkan hasil yang sempurna.

Telur.

Makan Telur Rebusan Microwave, Malah Meledak di Mulut

Ternyata merebus telur di microwave sangat berbahaya.

img_title
VIVA.co.id
12 Desember 2017