7 Penyakit yang Bisa Menular Lewat Ciuman

Ilustrasi pasangan,.
Sumber :
  • Pixabay/scottwebb

VIVA.co.id – Setiap kali kita berpikir mencium seseorang, risiko terkena penyakit mungkin tidak pernah terlintas di pikiran. Ciuman mungkin bagi sebagian orang adalah cara untuk menunjukkan kasih sayang. Namun tahukah Anda, ciuman bisa sangat berbahaya dan bisa menimbulkan penyakit.

Timothee Chalamet dan Kylie Jenner Ciuman Mesra di Golden Globes 2024

Untuk itu, sebelum Anda berciuman atau bahkan menerima ciuman dari seseorang, Anda perlu tahu, penyakit apa saja yang bisa ditularkan melalui ciuman. Berikut seperti dilansir laman Times of India.

Influenza

5 Tips Menghilangkan Bekas Cupang di Leher dengan Cepat

Influenza dapat menular melalui orang yang terinfeksi. Hal ini dapat terjadi ketika salah satu mendapat kontak dengan lendir atau air liur. Biasanya influenza bisa terular melalui tiga cara, bersin, batuk atau berciuman. Gejala yang ditimbulkan termasuk sakit otot, sakit kepala, sakit tenggorokan, dan demam.

Herpes

9 Tips Ciuman Buat Pemula agar Lebih Nikmat dan Berkesan

Herpes dapat menular melalui ciuman dan dapat membuat luka di sekitar mulut.

Sifilis

Ini adalah penyakit lain yang dapat menyebar melalui kontak fisik, seperti berciuman dan kegiatan seksual. Sifilis juga dapat memberikan luka di bagian mulut. Tapi ini adalah infeksi yang dapat dikontrol dengan bantuan antibiotik.

Meningitis

Bakteri meningitis biasanya menyebar melalui ciuman. Gejala penyakit ini termasuk leher kaku, demam, dan sakit kepala.

Virus pernapasan atau respiratory

Masalah kesehatan ini bisa terjadi karena udara dingin, flu dan capek. Ini dapat menginfeksi tubuh Anda, bahkan jika Anda hanya berbagi barang-barang tertentu dengan orang lain, atau berada di ruangan yang sama. Tapi selain itu, kemungkinan virus ini juga bisa menyebar setelah Anda berciuman.

Penyakit gusi

Meskipun penyakit gusi tidak menyebar melalui ciuman, bakteri buruk yang menyebabkan penyakit ini bisa menular. Oleh karena itu, rajin membersihkan rongga mulut dengan flossing dan menyikat gigi adalah cara terbaik untuk menghindari masalah kesehatan ini.

Kerusakan gigi

Disebabkan oleh mutan bakteri streptokokus, kesempatan penyebaran kerusakan gigi sangat tinggi setelah melakukan aktivitas berciuman. (hd)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya