Bahaya Kesehatan di Balik Tubuh Gemuk

wanita Obesitas liburan
Sumber :
  • pixabay/faniadimas

VIVA.co.id – Secara alami, lemak berlebih di tubuh binatang, berfungsi sebagai penangkal udara dingin. Namun, studi terbaru menemukan hal itu tidak berlaku pada manusia. Lemak berlebihan di tubuh manusia, nyatanya tidak dapat melindungi tubuh dari suhu dingin yang ekstrem.

7 Manfaat Mengurangi Konsumsi Gula untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Obesitas

Studi terbaru dalam European Journal of Pain, individu yang bertubuh gemuk dan obesitas, ditemukan lebih rentan mengalami rasa sakit dan cenderung sensitif. Studi tersebut mengobservasi penekanan dan suhu berbeda di berbagai tempat di tubuh.

Dilansir dari laman Medical Daily, terdapat 74 relawan dengan berbagai bentuk tubuh mulai dari obesitas hingga mereka yang bertubuh normal. Di studi itu, relawan diminta untuk memberitahukan rasa sakit yang dirasakan akibat penekanan dan suhu.

85 Persen Ibu Pilih Beri Susu Formula Ketimbang ASI, Ahli Ungkap Dampaknya

Hasilnya memang tidak terlalu berbeda jauh antara perbedaan bentuk tubuh tersebut. Namun, mereka yang bertubuh gemuk lebih terlihat sensitif pada rasa sakit.

Rasa sakit pada orang gemuk dan obesitas ini menjadi perhatian para peneliti. Sebab, kelompok tersebut seringkali mengeluhkan rasa sakit yang mencakup penyakit artritis, nyeri tulang punggung dan fibromyalgia.

Sama-sama Atasi Obesitas, Apa Perbedaan Operasi Bariatrik dan Balon Lambung?

Oleh karena itu, sensitif pada rasa sakit ini memungkinkan banyak kelompok gemuk dan obesitas yang jarang bergerak. Sehingga, mereka cenderung kesulitan untuk menurunkan berat badannya.

Ilustrasi serangan jantung

Termasuk Polusi Udara, Ini 10 Penyebab Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui

Penyakit jantung menjadi salah satu masalah kesehatan utama di dunia, menyebabkan jutaan kematian setiap tahunnya.

img_title
VIVA.co.id
31 Maret 2024