Bermain Pokemon Go Mampu Tingkatkan Ikatan Orangtua dan Anak

Ilustrasi bermain Pokemon Go.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Beberapa waktu lalu, game fenomenal Pokemon Go menuai kontroversial. Beberapa pihak mengklaim game ini tidak aman dimainkan bagi anak-anak dan kurang memiliki dampak positif.

Jangan Sampai Lupakan Orang tuamu jika Telah Sukses Kelak

Namun sebuah penelitian menyebutkan bahwa, ternyata game ini memiliki sisi positif, yaitu mampu membangun kedekatan antara orangtua dan anak. Dalam penelitian tersebut dikatakan bahwa orangtua yang secara teratur bermain Pokemon GO dengan anak-anak dilaporkan mendapatkan sejumlah manfaat  termasuk peningkatan aktivitas fisik, lebih banyak waktu yang dihabiskan di luar dan kesempatan untuk meningkatkan ikatan keluarga.

Pokemon GO adalah game berbasis augmented reality  di mana pemain menangkap makhluk fiksi dari franchise Jepang Pokemon pada smartphone dan perangkat mobile lainnya dengan menemukannya dalam lokasi dunia nyata.

Begini Menjaga Keamanan saat Anak Bereksplorasi

“Game augmented reality berbasis lokasi, cukup berbeda daripada duduk di depan televisi atau bermain video game yang khas, jadi kami tertarik dengan cara anak-anak dan orangtua mereka berbagi pengalaman mereka bersama-sama,” kata pemimpin penelitian, Kiley Sobel dari University of Washington, seperti dilansir dari laman Indian Express.

“Orang-orang masih tidak benar-benar tahu bagaimana membangun teknologi yang bekerja dengan baik untuk keluarga, jadi ketika game ini keluar, kami ingin melihat apa yang membuat game ini sukses,” kata Sobel.

Pencipta Pokemon Go Jual Teknologi Pamungkasnya

Hasil studi ini diambil dari survei kualitatif 67 orangtua dan wawancara dengan 20 orangtua tambahan yang bermain “Pokémon GO” dengan keluarga mereka di Amerika.

Penelitian ini secara  rinci akan dipublikasikan dalam jurnal Association for Computing Machinery, CHI 2017, dan akan dipresentasikan dalam konferensi yang akan diadakan di Denver, Colorado pada bulan Mei.

Beberapa orangtua mengatakan sifat interaktif dan mobile game membuat mereka merasa lebih baik  terlibat dalam jenis gameplay, daripada game yang hanya duduk di satu tempat dan menghabiskan waktu di depan layar.

Studi ini tidak termasuk perspektif dari orangtua yang tidak mengizinkan anak-anak mereka untuk bermain Pokemon GO.

Banyak orangtua, terutama ibu dari anak laki-laki, ayah dari anak perempuan dan orangtua dari anak-anak remaja, dilaporkan menghabiskan lebih banyak waktu dengan anak-anak mereka sebagai hasil dari bermain Pokémon GO bersama-sama dan berbicara lebih dari biasanya, baik tentang permainan itu sendiri dan hal-hal lain dalam hidup mereka, kata para peneliti.

Orangtua juga menghargai bagaimana permainan memotivasi  mereka dan anak-anak mereka untuk pergi ke luar dan melakukan aktivitas fisik dalam cara-cara yang nyaman dan masuk ke dalam kehidupan mereka.  Untuk beberapa peserta, Poke-walk ini membuat mereka berjalan ribuan langkah lebih per hari, kata studi tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya